Analisis manajemen penggunaan dana pelayanan sosial CSR(corporate social responsibility) pada Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Palangka Raya

Rahmawati, Naila (2016) Analisis manajemen penggunaan dana pelayanan sosial CSR(corporate social responsibility) pada Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (NR).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (NR).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (NR).pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (NR).pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (NR).pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Perbankan Syāri’aḥ tidak hanya terfokus pada jasa-jasa perbankan ataupun instrumen investasi. Perbankan Syāri’aḥ mempunyai layanan sosial kemasyarakatan diantaranya adalah CSR (Corporate Social Responsibility), Zakat dan akad al-qard. Keberadaan suatu perusahaan seperti perbankan tidak dapat dilepaskan dari kondisi lingkungan, baik eksternal, seperti keadaan ekonomi, persaingan, perundang-undangan, sosial, politik, dan lainnya, yang akan mempengaruhi keadaan usaha suatu perusahaan. Hal ini lah yang menjadi nilai tambah untuk perbankan Syāri’aḥ dan menjadi perbedaan mendasar dengan perbankan konvensional. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana manajemen penggunaan dana CSR pada BNI Syāri’aḥ Cab. Palangka Raya, (2) Bagaimana penyaluran dana CSR di BNI Syarī’aḥ Cabang Palangka Raya prespektif UU-RI No. 40 Tahun 2007.

Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriftif, yang mana objek penelitian adalah penggunaan dana pelayanan sosial CSR (Corporate Social Responsibility) pada BNI Syāri’ah cabang Palangka Raya. Sementara subjek penelitian adalah 4 karyawan BNI Syāri’ah Cabang Palangka Raya serta beberapa dokumen terkait penyelenggaraan CSR sebagai salah satu sumber untuk uji validasi data. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Ada berbagai macam referensi teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini, hasilnya menunjukkan bahwa CSR (Corporate Social Responsibility) pada BNI Syari'ah Cabang Palangka Raya memiliki manajemen yang bagus dan sudah menerapkan manajemen yang tertib yaituplanning, organizing, actuating, evaluating untuk mencapai tujuan organisasi. Pelaksanaan CSR telah sesuai dengan UU-RI No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Menurut informan, CSR yang dilaksanakan di BNI Syari'ah Cabang Palangka Raya belum dirasakan karena dari beberapa proposal yang diajukan tidak pernah ditanggapi.Maka dari itu berdasarkan dari skala Nasional, BNI Syari’ah cabang Palangka Raya adalah salah satu perbankan kantor cabang BNI Syari’ah yang melaksanakan CSR namun tidak menerima masukan dan permohonan CSR dari stakeholder langsung.

ABSTRACT

Syari’ah banking is not only focused on services or instrument investment banking. Syari’ah banking also has a social service that is CSR (Corporate Social Responsibility), Zakat and akad al-qard. The existence of a company such as banking cannot be separated from environmental conditions, either external , as the state of the economy , competition , legislation , social , political , and other , that will affect an enterprise state of business. This is what being added value to syari’ah banking and become a fundamental difference with conventional banks. As for formulation problems in this research namely; (1) How is THE MANAGEMENT OF USE FUND OF CSR SOCIAL SERVICE branch Palangkaraya, (2) How is the process of fund distribution of CSR based on Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 about limited company of BNI Syari’ah branch Palangkaraya.

This field research used qualitative-descriptive approach, where the objective of the research is the fund use of social service CSR (Corporate Social Responsibility) of BNI Syari’ah branch Palangkaraya. Whereas the subjective of this research was 4 employees of BNI Syari’ah branch Palangkaraya and some documents related to the implementation of CSR as the one of the source for validation data test. The research collecting data used observation, interview, and documentation technique.

There are various references theory used to support this research,the results showed that the CSR(Corporate Social Responsibility) on the BNI Syari’ah Branch Palangkaraya has good management and has implemented an orderly managementnamely planning, organizing, actuating, evaluating to achieve organizational goals.The implementation of CSR accordance with the UU-RI No.40 of 2007 regarding Limited Liability Company. According to the informant, CSR which was implemented in BNI Syariah Branch Palangkaraya was not perceived because some of the proposals was not responded.Therefore, based on the National Scale, BNI Syari'ah Branch Palangkaraya is one of the branch of BNI Syari’ah banking that implemented CSR but not received feedback and requests from stakeholders CSR directly.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CSR (Corporate Social Responsibility); BNI Syāri’ah; manajemen perbankan Islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:16
Last Modified: 07 Apr 2017 03:16
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item