Pengaruh latar belakang dan tingkat pendidikan terhadap perhatian orang tua dalam aktivitas belajar PAI di Rumah Siswa SMPN Satu Atap-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau

Rosmanto, Rosmanto (2020) Pengaruh latar belakang dan tingkat pendidikan terhadap perhatian orang tua dalam aktivitas belajar PAI di Rumah Siswa SMPN Satu Atap-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Rosmanto - 16016042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang pendidikan orang tua adalah suatu pendidikan yang telah dicapai oleh orang tua siswa yang berkaitan dengan pendidikan anaknya.

Jenjang pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.

Perhatian orang tua dalam aktivitas belajar merupakan tanggungjawab yang dilakukan kepada anaknya dengan tujuan meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui (1) Latar belakang pendidikan Orang Tua (2) Tingkat pendidikan orang tua serta mengetahui pengaruhnya terhadap (3) Perhatian orang tua dalam aktivitas belajar PAI di rumah.

Penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis regresi leniar berganda. Merupakan penelitian populasi pada 69 orang tua siswa SMPN Satu Atap-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau selanjutnya melakukan analisis deskritif.

Hasil penelitian secara deskriptif menujukan bahwa variabel latar belakang dalam katagori rendah dengan rata-rata 72,5%, variabel tingkat pendidikan orang tua dalam katagori tinggi dengan rata-rata 58%, variabel perhatian orang tua dalam aktivitas belajar di rumah dalam katagori tinggi dengan rata-rata 79,97%.

Berdasarkan statistik penelitian kontribusi secara parsial menunjukan bahwa; (1) tidak terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap perhatian orang tua dalam aktivitas belajar PAI di rumah sebesar, t hitung = 1.420 < t tabel = 2.000 dan nilai sig. 0.160 > 0.05; (2) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap perhatian orang tua dalam aktivitas belajar PAI di rumah sebesar, t hitung = 2.509 < t tabel = 2.000 dan nilai sig. 0.160> 0.05. dan (3) terdapat pengaruh secara simultan atau bersama-sama latar belakangdan tingkat pendidikan orang tua terhadap perhatian dalam aktivitas belajar PAI di rumah sebesar 0.043 < 0.05 dan nilai F hitung 3.297 > F tabel 3.14.

Salah satu rekomendasi penelitian ini adalahorang tua siswa di SMPN Satu Atap-1 Kahayan Hilir Kabupaten Pulangf Pisau perlu memiliki tingkat pendidikan yang sesuai dan meningkatkan perhatian kepada anak dalam aktivitas belajar PAI di rumah secara displin dan rutin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan; Perhatian Orang Tua; Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:51
Last Modified: 07 Dec 2022 07:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4371

Actions (login required)

View Item View Item