Strategi rekrutmen mahasiswa baru Ma'had Asy-Syafi'i Kota Palangka Raya

Wahid, Saenal (2021) Strategi rekrutmen mahasiswa baru Ma'had Asy-Syafi'i Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
cover.pdf

Download (947kB)
[img] Text
isi Tesis Saenal Wahid - 19013285.pdf

Download (923kB)

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan saat ini, banyak persaingan dari berbagai perguruan tinggi untuk menawarkan kualitas terbaik dari perguruan tingginya, terlihat dari beragam promosi dan strategi, apalagi perguruan tinggi yang berstatus swasta, dituntut untuk mempunyai kualitas dan daya saing yang lebih dibanding dengan perguruan tinggi yang lain. Banyak dari berbagai wilayah perguruan tinggi swasta akhirnya gulung tikar karena tidak mendapatkan mahasiswa yang mendaftar, karena ketidakmampuan perguruan tinggi dalam mempertahankan kualitas dan eksistensi perguruan tingginya. Oleh karena itu dibutuhkan strategi yang bagus untuk memperoleh tujuannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Mudir/Ketua Ma’had Asy-Syafi’i kota Palangka Raya, administrator, ketua pelaksana PMB. Sebagai informannya adalah Staf PMB Ma’had Asy-Syafi’i kota Palangka Raya, beberapa mahasiswa Ma’had Asy-Syafi’i kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan keperrcayaan, trianggulasi, dan memperpanjang pengamatan. Analisis data berpedoman pada model analisis interaktif dari Miles dan Michael Huberman yaitu collection, reduction, display, dan conclution.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1). Strategi promosi penerimaan mahasiswa baru Ma’had Asy-Syafi’i Kota Palangka Raya, yang dilakukan diantaranya: pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara terbuka, penyebaran brosur secara umum, penyebaran pamphlet dimedia sosial, pemasangan spanduk/baliho di tempat strategis,promosi secara langsung dengan word of mouth dari masing-masing alumni, mahasiswa aktif, para dosen dan beserta kerabatnya. Selain itu, faktor yang menunjang promosi adalah, tenaga pendidik yang kompoten di bidangnya, pelaksanaan kegiatan keagamaan, kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya dalam program integrasi S1, asrama yang disediakan, biaya kuliah relative murah, dan kelas persiapan bagi yang belum mampu berbahasa Arab; (2). Strategi sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Ma’had Asy-Syafi’i kota Palangka Raya dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah; (3). Strategi seleksi penerimaan mahasiswa baru Ma’had Asy-Syafi’i kota Palangka Raya diantaranya: Pendaftaran calon mahasiswa baru, tahapan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan tes tertulis dan tes wawancara, penentuan kelulusan mahasiswa baru, pengumuman kelulusan mahasiswa, pendaftaran ulang.

ABSTRACT

The development of the world of education today, there is a lot of competition from various universities to offer the best quality from higher education, it can be seen from various promotions and strategies, especially universities with private status, are required to have more quality and competitiveness compared to other universities. Many of the various areas of private universities eventually went out of business because they did not get students to register, because of the inability of universities to maintain the quality and existence of their universities. Therefore, a good strategy is needed to achieve its goals.

This study uses a qualitative approach. The techniques used for data collection are observation, interviews, and documentation. The research subjects were the Mudir/Chairman of Ma'had Asy-Syafi'i in the city of Palangka Raya, the administrator, the chief executive of New Student Admissions. The informants were the Ma'had Asy-Syafi'i New Student Admissions Staff in the city of Palangka Raya, several students of Ma'had Asy-Syafi'i in the city of Palangka Raya. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The validity of the data uses trust, triangulation, and extending observations. Data analysis is guided by the interactive analysis model of Miles and Michael Huberman, namely collection, reduction, display, and conclusion.

The results of this study are: (1). The promotion strategy for Ma'had Asy-Syafi'i new student admissions in Palangka Raya City, which were carried out included: making and posting open announcements of new student admissions, distributing brochures in public places, distributing pamphlets on social media, placing banners/billboards, word of mouth promotion. In addition, factors that support the promotion are, competent educators in their fields, implementation of religious activities, collaboration with the University of Muhammadiyah Palangka Raya in the S1 integration program, provided dormitories, relatively cheap tuition fees, and preparatory classes for those who are not able to speak Arabic; (2). The strategy of socializing the acceptance of new Ma'had Asy-Syafi'i students in the city of Palangka Raya by conducting roadshows to schools; (3). Ma'had Asy-Syafi'i's new student admissions selection strategies in Palangka Raya include: Registration of prospective new students, stages of new student admissions selection carried out by written tests and interview tests, determination of new student graduation, announcement of student graduation, re-registration.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Rekrutmen; Manajamen
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:34
Last Modified: 05 Dec 2022 04:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4345

Actions (login required)

View Item View Item