Pengaruh penerapan pembelajaran physics-entrepreneurship terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi listrik dinamis

Anwar, Miftahul (2021) Pengaruh penerapan pembelajaran physics-entrepreneurship terhadap motivasi dan hasil belajar pada materi listrik dinamis. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Miftahul Anwar - 1701130374.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal diperoleh informasi bahwa dalam menyampaikan materi masih memberikan pembelajaran dengan metode teacher centred yang bertumpuan kepada seorang guru untuk proses pembelajaran. Namun dalam pembelajaran masih belum pernah diterapkan pembelajaran physics-entrepreneurship yang di tunjukan untuk peserta didik lebih mandiri dan bisa kreatif dalam melangsungkan pembelajaran. Sementara itu physics-entrepreneurship belum pernah diterapkan di materi pembelaran fisika khususnya listrik dinamis.

Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh signifikan pembelajaran Physics-Entrepreneurship terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi listrik dinamis. (2) Untuk mengetahui pengaruh signifikan pembelajaran Physics-Entrepreneurship terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Desaign tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel Penelitian adalah kelas IX B MTS Muslimat NU Palangka Raya. Dari bulan september sampai bulan oktober 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar, serta dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis angket, analisis prasyarat analisis dengan menggunakan statistik Uji-t dimana sebaran data harus normal dan homogen, sehingga juga menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian diperoleh : 1) Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran physics-entrepreneurship pada materi listrik dinamis terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,055 2) Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran physics-entrepreneurship pada materi Listrik Dinamis terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,104.

ABSTRACT

This research is based on the results of initial observations obtained information that in conveying the material still provides learning with the teacher centered method which relies on a teacher for the learning process. However, physics-entrepreneurship learning has never been applied in learning, which is shown to make students more independent and creative in carrying out learning. Meanwhile, physics-entrepreneurship has never been applied in physics learning materials, especially dynamic electricity.

This study aims to find out (1) To determine the significant effect of Physics-Entrepreneurship learning on students' learning motivation on dynamic electrical material. (2) To find out the significant effect of Physics-Entrepreneurship learning on student learning outcomes on dynamic electrical material.

This study uses a quantitative approach with a Pre-Experimental Design research design type One Group Pretest-Posttest Design. The research sample is class IX B MTS Muslimat NU Palangka Raya. From September to October 2021. Data collection techniques used questionnaires to measure learning motivation and tests to measure learning outcomes, as well as documentation and observation. Data analysis using questionnaire analysis, analysis prerequisite analysis using t-test statistics where the distribution of data must be normal and homogeneous, so also use normality test and homogeneity test.

The results obtained: 1) There is an effect of the application of physics-entrepreneurship learning on dynamic electricity material on students' learning motivation with a significance value of 0.055 2) There is an influence of the application of physics-entrepreneurship learning on Dynamic Electricity material on student learning outcomes with a significance value of 0.104.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Physics Enrtrepreneurship; Pendidikan Fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:37
Last Modified: 31 Jan 2023 02:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item