Manajemen pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya

Istiqlaliyah, Istiqlaliyah (2021) Manajemen pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
File 1 Cover sd daftar isi.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Tesis Istiqlaliyah - 19013274.pdf

Download (1MB)

Abstract

SDIT Sahabat Alam Palangka Raya sebagai sekolah inklusi yang memiliki pendidik anak berkebutuhan khusus tentunya melakukan proses pembinaan guna meningkatkan skill dari setiap pendidik karena kurangnya kompetensi pendidik dalam menangani anak berkebutuhan khusus sebab tidak berlatar belakang pendidikan khusus. Penelitian ini menitikberatkan pada manajemen pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya dengan rumusan masalah dalam penelitian; bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek/responden penelitian; kepala SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. Informan penelitian; empat orang wakil kepala sekolah dan satu orang guru bantu kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan data diabsahkan dengan triangulasi sumber dan metode serta dianalisis dengan tiga tahap yaitu data reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian 1) perencanaan pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya telah dilakukan dengan merumuskan tujuan pembinaan yang melibatkan beberapa pihak seperti koordinator LSC dan SDM, guru bantu kelas, kepala sekolah, dan direktur sekolah dengan aspek pembinaan seperti mengadakan pelatihan dan seminar serta dituangkan dalam dokumen perencanaan walaupun jadwal/implementasinya tidak dijadwalkan secara jelas. 2) pengorganisasian pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya melibatkan beberapa pihak, yakni kepala SDIT Sahabat Alam, koordinator LSC, guru kelas, guru bantu, dan guru pendamping dengan pembagian tugas (job description) terbagi menjadi tiga, yaitu guru kelas, guru damping, dan guru bantu kelas, 3) pelaksanaan pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya melibatkan semua guru dan ada juga yang tidak dengan kegiatan pelaksanaan pembinaan seperti peningkatan kompetensi dengan diadakannya pelatihan dan seminar yang berhubungan dengan anak berkebutuhan khusus, 4) pengawasan pembinaan pendidik anak berkebutuhan khusus di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya melibatkan beberapa pihak seperti kepala sekolah dan koordinator LSC dengan pengawasan dan evaluasi melalui rapat pembelajaran, evaluasi, pemantauan kinerja pendidik, dan laporan pertanggungjawaban tertulis.

ABSTRACT

SDIT Sahabat Alam Palangka Raya as the inclusive schools which has particular teachers for the students who are included as children with special needs is absolutely apply the coaching process in order to improve teachers' skill because the teacher has lack of competence in handling the children with special needs. This case happens when the teachers do not have the specific background education. This research focuses on the management of teachers coaching for children with special needs in SDIT Sahabat Alam Palanga Raya. Problems of the study consists of; how is the planing, organizing, actuating, and evaluating of the teachers for children with special needs in SDIT Sahabat Alam Palangka Raya.

This research uses qualitative design within the subject/respondent: The principal of SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. The informant are four vice principal and one teacher assistant. To collect the data, the researcher uses observation, interview, and documentation. The validity test uses source and method triangulation. The data is analyzed in three steps, these are reduction, data display, and concluding.

The results shows 1) the planing for teacher coaching for children with special needs in SDIT Sahabat Alam Palangka Raya has been applied by conducting the aims of the coaching program. This activity involves LSC and HR coordinator, teacher assistant, principal, and school director. The program consists of training and workshop which is written in the planing document without mentioning the specific implementation date. 2) The teachers coaching organizing for children with special needs involves the principal of SDIT Sahabat Alam, LSC coordinator, teacher and the assistant, and helper with clear job description. 3) The actuating process for teachers of children with the special needs involves all teachers with some coaching program as competence development like training and workshop about children with the special needs. 4) Evaluating process for teachers of children with the special needs involves the principal and LSC coordinator through weekly meeting, evaluation, supervision, and written report.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan; Anak berkebutuhan khusus
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Oct 2022 08:09
Last Modified: 31 Oct 2022 08:09
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4271

Actions (login required)

View Item View Item