Pengembangan e-modul fisika berbantuan kvisoft flipbook maker untuk bahan ajar siswa pada materi suhu dan kalor

Maulina, Dara (2021) Pengembangan e-modul fisika berbantuan kvisoft flipbook maker untuk bahan ajar siswa pada materi suhu dan kalor. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dara Maulina - 1641130364.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk bahan ajar guru dan untuk menambah materi siswa dalam memahami materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar siswa di SMA Negeri 3 Palangka Raya. Hasil analisis kebutuhan dengan cara penyebaran angket didapatkan hasil seluruh siswa menginginkan dikembangkan sebuah bahan ajar yang berupa e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker.

Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahuai cara mengembangkan e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker untuk bahan ajar siswa pada materi suhu dan kalor. 2) untuk mengetahui hasil validasi e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker untuk bahan ajar siswa pada materi suhu dan kalor.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model PPE atau (Planning, Production and Evaluation) yang dikembangkan oleh Richey dan Klein. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran angket validasi.Angket validasi digunakan untuk mengetahui hasil validasi produk yang dikembangkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker untuk bahan ajar siswa pada materi suhu dan kalor disusun berdasarkan komponen-komponen e-modul yang meliputi cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk modul, kompetensi dasar dan IPK, peta konsep, materi, contoh soal, uji kompetensi, lembar peserta didik, penialaian, kunci jawaban, glosarium, daftar pustaka, dan biodata penulis. 2) Hasil validasi e-modul berbantuan kvisoft flipbook maker diuji oleh ahli media dan ahli materi. Hasil vallidasi oleh ahli media mendapat persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik/valid. Penilaian validasi oleh ahli materi mendapat persentase sebesar 93,3% dengan kategori sangat baik/valid.

ABSTRACT

This research was conducted for teacher's teaching materials and to increase students' material in understanding temperature and heat material. This research was conducted based on the analysis of the needs of students' teaching materials at SMA Negeri 3 Palangka Raya. The results of the needs analysis by distributing questionnaires showed that all students wanted to develop a teaching material in the form of an e-module assisted by Kvisoft Flipbook Maker.

This study aims: 1) to find out how to develop an e-module assisted by the kvisoft flipbook maker for student teaching materials on temperature and heat material. 2) to find out the results of the validation of e-modules assisted by Kvisoft Flipbook Maker for student teaching materials on temperature and heat materials.

This research is included in the type of research and development or Research and Development (R&D). The model used in this development is the PPE (Planning, Production and Evaluation) model developed by Richey and Klein. Data collection techniques in this study were carried out by distributing validation questionnaires. Validation questionnaires were used to determine the results of product validation developed.
The results of this study indicate: 1) the e-module assisted by kvisoft flipbook maker for student teaching materials on temperature and heat material is arranged based on the components of the e-module which includes cover, introduction, table of contents, module instructions, basic competencies and GPA, map concepts, materials, sample questions, competency tests, student sheets, assessment, answer keys, glossary, bibliography, and author biodata. 2) The results of the validation of the e-module assisted by the kvisoft flipbook maker were tested by media experts and material experts. The results of validation by media experts get a percentage of 100% in the very good/valid category. The validation assessment by material experts got a percentage of 93.3% with a very good/valid category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran Fisika; e-modul
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:43
Last Modified: 18 Oct 2022 03:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4243

Actions (login required)

View Item View Item