Persepsi masyarakat konsumen terhadap penyelesaian wanprestasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya

Juli, Setiowacono (2015) Persepsi masyarakat konsumen terhadap penyelesaian wanprestasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak (JS).pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (JS).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (JS).pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (JS).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (JS).pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (JS).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (JS).pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat Konsumen Terhadap Penyelesaian Wanprestasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya. Mengingat permasalahan wanprestasi sangat banyak terjadi di lingkungan masyarakat konsumen. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Latar Belakang Pengajuan Permohonan Wanprestasi ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya, Serta Bagaimana Pandangan Masyarakat Konsumen Terhadap Hasil Putusan Perkara di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya. Adapun tujuan yang ingin di capai adalah untuk mengetahui latar belakang pengajuan permohonan dan pandangan masyarakat konsumen terhadap putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya. Manfaat penelitian ini Sebagai bahan pengetahuan dan informasi tentang pilihan hukum dalam penyelesain sengketa bisnis di masyarakat dan masyarakat agar lebih jeli dalam melakukan perjanjian.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum sosiologis dan empiris dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif serta dengan mengaitkan pada sosiologis dalam hukum Islam. Maka data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder.Objek dalam penelitian ini adalah Persepsi Masyarakat Konsumen Terhadap Penyelesaian Wanprestasi di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah putusan atau penetapan yang di hasilkan oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya tahun 2014. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data ada beberapa langkah karena untuk pengambilan konsep, kategori dan deskripsi adalah atas dasar kejadian (insidence) ketika peneliti berada di lapangan, maka antara pengumpulan data dan proses secara simultan (waktu yang bersamaan) dan berbentuk siklus (waktu yang terus berputar).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Latar Belakang Pengajuan Wanprestasi ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya disebabkan Suatu keadaan di mana debitur tidak memenuhi janjinya atau tidak memenuhi sebagaimana mestinya dan kesemuanya itu dapat dipersalahkan kepadanya. Karena tidak adanya titik temu antara pihak-pihak yang bersangkutan, maka kreditur mengajukan permohonan penyelesaian wanprestasi ke Badan Penyelesaian Sengketa Palangka Raya. Adapun Pandangan Masyarakat Konsumen Terhadap Hasil Putusan Perkara Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya, karena BPSK mengacu pada nilai-nilai keadilan maka sudah di pastikan bahwa konsumen sangat puas dengan hasil putusan perkara tersebut sehingga diserahkan penuh terhadap Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 04 Aug 2016 04:36
Last Modified: 04 Aug 2016 04:36
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item