Pengembangan e-modul fisika sebagai bahan ajar berbasis pbl pada kelas xi materi fluida statis di MA Muslimat NU

Malina, Iva (2021) Pengembangan e-modul fisika sebagai bahan ajar berbasis pbl pada kelas xi materi fluida statis di MA Muslimat NU. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Iva Malina - 1701130369.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan belajar peserta didik MA Muslimat NU Palangka Raya. Hasil dari penyebaran angket analisis kebutuhan di kelas XI, diketahui bahwa 77,3 % peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi fluida statis yang terdapat pada buku pegangan sehingga peserta didik membutuhkan sumber belajar lain dan yang dapat dipahami secara mandiri.

Penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan e-modul pembelajaran berbasis PBL (Problem Based Learning) menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional. Adapun tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu: 1) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul, 2) mengetahui validitas e-modul serta 3) respons peserta didik dan guru terhadap produk E-modul yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model 4 D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar angket (kuesioner), dan lembar wawancara serta subjek penelitian ini yaitu validator ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran serta peserta didik kelas XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Pengembangan e-modul yang dilakukan peneliti berdasarkan model penelitian dan pengembangan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Dalam tahap pengembangan e-modul ini peneliti sampai tahap Disseminate (penyebaran). Namun, pada tahap disseminate (penyebaran) hanya melakukan tahap packaging (pengemasan) serta diffusion and adaption (difusi dan diadopsi), 2) Hasil validitas E-modul yang dikembangkan memperoleh hasil validasi ahli materi diperoleh persentasenya sebesar 95,97 % terhadap E-modul dengan kategori sangat valid dan kriteria sangat baik, validasi ahli media diperoleh persentasenya sebesar 88 % terhadap E-modul dengan kategori sangat valid dan kriteria sangat baik, validasi ahli pembelajaran diperoleh persentasenya sebesar 98,31 % terhadap E-modul dengan kategori sangat valid dan kriteria sangat baik, 3) Uji coba kelompok kecil menghasilkan respons peserta didik memperoleh persentase 86,43 % dengan kriteria sangat baik dan kategori respons peserta didik sangat kuat dan respons guru memperoleh hasil sebesar 86,7 % dengan kategori kriteria sangat baik dan kategori respons guru sangat kuat.

ABSTRACT

This research was conducted based on the results of the analysis of the learning needs of MA Muslimat NU Palangka Raya students. The results of the distribution of the needs analysis questionnaire in class XI, it is known that many students have difficulty understanding the static fluid material contained in the handbook so that 77,3 % students need other learning resources that can be understood independently.

This research was conducted by developing an e-module based on PBL (Problem Based Learning) using the Flip Pdf Professional application. The objectives of this development research are: 1) describing the process of developing the e-module, 2) know the validity of the e-module and 3) the responses of students and teachers to the developed e-module product.
This research uses the Research and Development (R&D) 4D model. The research instrument used in this research are a questionnaire, and an interview sheet. Besides that, the subjects of this research are validators of media experts, material experts, learning experts and students of class XI IPA MA Muslimat NU Palangka Raya.

The research results obtained are: 1) E-modul development carried out by researchers based on 4D research and development models, namely Define (defining), Design (design), Develop (development), Disseminate (dissemination). In this e-module development stage, the researchers reached the Disseminate stage. However, at the disseminate stage, only the packaging and diffusion and adaptation stages are carried out. 2) The validity results of the developed e-module obtained the results of material expert validation, the percentage is 95.97% against the e-module with very valid categories and very good criteria, media expert validation obtained a percentage of 88% against e-module with a very valid category and very good criteria, learning expert validation obtained a percentage of 98.31% against e-module with a very valid category and criteria very good, 3) Small group trials resulted in student responses getting a percentage of 86.43% with very good criteria and very strong student response categories and teacher responses getting results of 86.7% with very good criteria categories and very good teacher response categories strong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Fisika; Problem Based Learning ; Fluida Statis
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:26
Last Modified: 14 Jul 2022 03:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item