Aisyah, Annisa Noor (2021) Strategi pemasaran iklan media berita di Kalteng Pos Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Annisa Noor Aisyah- 1704120621.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena persaingan media berita yang semakin pesat membuat banyak perubahan dalam media berita. Media berita saling berkompetensi untuk mendapatkan pembaca berita dan pemasang iklan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran untuk media berita di Kalteng Pos Palangka Raya, agar mampu bertahan dan beradaptasi di tengah persaingan media saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) Strategi pemasaran yang dilakukan Kalteng Pos dalam memasarkan iklan media berita online di Kalteng Pos Palangka Raya. (2) Kendala dalam penerapan strategi pemasaran iklan pada media berita online di Kalteng Pos Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Kalteng Pos Kota Palangka Raya dengan 4 orang subjek yaitu divisi Iklan di Kalteng Pos Palangka Raya dan 4 orang informan yaitu pelanggan pemasang iklan di media berita Kalteng Pos Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kalteng Pos Palangka Raya ialah mendata setiap event atau acara di hari-hari penting di Kota Palangka Raya dalam memanfaatkan peluang yang ada, mendatangi tempat-tempat usaha untuk di tawarkan beriklan di Kalteng Pos, menjaga hubungan baik dan kepercayaan konsumen dengan tetap memperhatikan dan menjaga kualitas berita, iklan dan kepuasan konsumen. Kalteng Pos sudah menggunakan elemen-elemen dari bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan kemasan atau tampilan fisik dan menggunakan bauran promosi (promotion mix) yang terdiri dari periklanan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, penjualan personal, walaupun masih kurang maksimal dalam penerapannya. (2) Kendala internal yang terjadi di antaranya, kurangnya anggota dalam pemasaran iklan dan kurang terkonsepnya perencanaan promosi. Sedangkan kendala eksternalnya tedapat pada persaingan dengan media lain.
ABSTRACT
The background of this research is because the rapidly increasing competition of news media makes many changes in news media. News medias compete with each other to get news readers and advertisers. Therefore, a marketing strategy is needed for media news in Kalteng Pos Palangka Raya, in order to be able to survive and adapt in the midst of today's media competition. This study aims to examine (1) the marketing strategy carried out by Kalteng Pos in marketing online news media advertisements in Kalteng Pos Palangka Raya. (2) Obstacles in implementing advertising marketing strategies on online news media in Kalteng Pos Palangka Raya.
This research is a qualitative field research using a qualitative descriptive approach. The research location is at Kalteng Pos, Palangka Raya City with 4 subjects, namely the Advertising division in Kalteng Pos Palangka Raya and 4 informants, namely customers who advertisers in the news media of Kalteng Pos Palangka Raya. The data collection techniques used are through observation, interviews, and documentation. Validation of data using source triangulation. Data analysis uses collection, reduction, presentation and conclusion drawing.
The findings of this study indicate that (1) The marketing strategy carried out by Kalteng Pos Palangka Raya is to record every event or event on important days in Palangka Raya City in taking advantage of existing opportunities, visiting business places to be offered advertising in Kalteng Pos, maintain good relations and consumer trust while paying attention to and maintaining the quality of news, advertisements and consumer satisfaction. Kalteng Pos has used elements of the marketing mix consisting of product, price, place, promotion, people, process and packaging or physical appearance and used a promotion mix consisting of advertising, public relations, promotion sales, personal selling, although still not optimal in its application. (2) Internal constraints that occur include the lack of members in advertising marketing and the lack of concept of promotion planning. Meanwhile, the external constraint is competition with other media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran; Promosi |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:11 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:11 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3991 |
Actions (login required)
View Item |