Yanti, Jumi (2021) Perkembangan seni anak melalui kegiatan gerak dan lagu di RA Al-Hunafa Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Jumi Yanti - 1501180004.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pengamatan awal penulis terkait kurangnya perkembangan seni anak di RA Al-Hunafa yang menyangkut gerak tubuh, menyelaraskan antara pikiran dan tubuh (koordinasi tubuh), mengembangkan kelincahan dan keseimbangan tubuh serta mengkoordinasi mata, tangan dan kaki. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan seni anak pada usia 5-6 Tahun dalam kegiatan gerak dan lagu di RA Al-Hunafa Palangka Raya dan mendeskripsikan pembelajaran perkembangan seni anak pada usia 5-6 Tahun melalui kegiatan gerak dan lagu di RA AL-Hunafa Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di RA AL-Hunafa Palangka Raya, subjek pada penelitian ini adalah guru walikelas dan guru pendamping sedangkan informan penelitian adalah Kepala RA AL-Hunafa Palangka Raya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Perkembangan seni anak pada usia 5-6 tahun kelompok B dalam kegiatan gerak dan lagu di RA Al-Hunafa Palangka Raya dapat terlaksana dengan baik hal ini ditandai dari terlaksananya aspek-aspek perkembangan seni anak pada anak usia RA di RA Al-Hunafa Palangka Raya, selain itu perkembangan seni anak melalui gerak dan lagu juga sesuai dengan indikator pencapaian seni anak, yaitu: (1) mendengarkan atau menyanyikan lagu; (2) menggerakkan tubuh sesuai irama; (3) bertepuk tangan sesuai irama musik; (4) meniru aktivitas orang, baik secara langsung maupun melalui media, misal cara minum/cara bicara/perilaku seperti ibu; (5) bertepuk tangan dengan pola yang berirama, misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti irama/nyanyian. 2) Pembelajaran perkembangan seni anak pada usia 5-6 Tahun kelompok B dalam kegiatan gerak dan lagu di RA AL-Hunafa Palangka Raya dilakukan dengan beberapa aspek dan kriteria yaitu memperhatikan psikologis anak, mencontohkan gerak dan lagu yang sesuai dengan tema pembelajaran, memperhatikan tingkat kesulitan dan kemudahan dalam memilih gerak dan lagu untuk anak, gerak dan lagu yang dipilih mengandung unsur yang lucu atau unsur yang dapat membuat anak senang, guru menguasi semua gerak dan lagu yang akan diajarkan kepada anak, mengajarkan gerak dan lagu kepada anak secara bertahap, pembelajaran dilakukan secara berkelompok dan Mengulang-ulang gerakan sampai optimal.
ABSTRACT
This research is based on the author's preliminary observations regarding the lack of development of children's arts in RA Al-Hunafa which involves body movements, harmonizing the mind and body (body coordination), developing agility and body balance and coordinating the eyes, hands and feet. Therefore this study aims to describe the development of children's art at the age of 5-6 years in movement and song activities at RA Al-Hunafa Palangka Raya and to describe the learning of children's art development at the age of 5-6 years through movement and song activities in RA AL- Hunafa Palangka Raya.
This research is a qualitative research conducted at RA AL-Hunafa Palangka Raya, the subject of this study is the teacher of guardianship and assistant teacher, while the research informant is the Head of RA AL-Hunafa Palangka Raya. The data collection technique used observation, interview and documentation techniques, while the data validation technique in this study was carried out by observation and triangulation technique. data presentation and data verification.
The results showed that 1) The development of children's art at the age of 5-6 years group B in movement and song activities at RA Al-Hunafa Palangka Raya can be achieved well, this is indicated by the achievement of aspects of children's art development in children aged RA in RA Al-Hunafa Palangka Raya, besides that the development of children's art through movement and song is also in accordance with the indicators of children's artistic achievement, namely: (1) Listening to or singing songs; (2) Move the body according to the rhythm; (3) Clapping according to the rhythm of the music; (4) Imitating people's activities, either directly or through the media, for example how to drink / talk / behave like mothers; (5) Clap your hands in a rhythmic pattern, for example clapping your hands while following a rhythm / song. 2) Learning the development of children's arts at the age of 5-6 years group B in movement and song activities at RA AL-Hunafa Palangka Raya is carried out with several aspects and criteria, namely paying attention to children's psychology, exemplifying movements and songs that are in accordance with the learning theme, paying attention to the level of difficulty and the ease of choosing movements and songs for children, the movements and songs selected contain elements that are funny or elements that can make children happy, the teacher masters all the movements and songs to be taught to children, teaches movements and songs to children gradually, learning is carried out in groups and Repeating movements until optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Perkembangan Seni ; Anak usia dini |
Uncontrolled Keywords: | BUKU Afifuddin & Beni, Saebani Ahmad. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang Sistem pendidikan Nasional. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Ibrahim. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Alfabeta. Kamtini, 2005. Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Latif, Mukhtar dkk, 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Kencana. Mujtahid, 2011. Pengembangan profesi guru, UIN Maliki Press, malang. Mutiah, Diana, 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana. Kalida dan Mursyid. 2015. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Presindo. Poerwarminta. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka. Purwanto, M. Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sardiman, A. M 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiyono, 2010. Memahami penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Wahyudin, Uyu & Agustin, Mubair. 2012. Penilaian perkembangan anak usia dini, Bandung: PT Refika Aditama. Jurnal/ Skripsi Fitri, 2016.peningkatan kemampuan fisik motorik kasar melalui metode gerak dan lagu anak usia dini di RA Rowosari kecamatan tuntang semarang tahun 2016/2017.Skripsi program studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insitut Agama Islam Negeri Salatiga. Pratiwi, Gita dkk. 2019. upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 13 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika Universitas Sriwijaya,Volume 6, Nomor 1, FKIP Universitas Sriwijaya. Kamtini dkk. 2015. Upaya Meningkatkan Kecerdesan Kinestetik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Gerak dan Lagu. Jurnal Usia Dini Volume 1 Nomor 2 Program Studi PGPAUD FIP UNIMED. Dwiyana, Jeumpa. 2016. Pelajaran Gerak dan Lagu dalam meningkatkan bakat musik pada anak usia dini di TK At-Taqwa Gegerkalong. Skripsi Program studi Seni Musik Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan. Widhianawati, Nana. 2011. Pembelajaran gerak dan lagu dalam meningkatkan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Jurnal Penelitian PendidikanNomor 2 Universitas Pendidikan Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:24 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:24 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3951 |
Actions (login required)
View Item |