Manajemen pembinaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas

Baihaki, Ahmad (2021) Manajemen pembinaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Ahmad Baihaki - 17013172.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa hal dianataranya yaitu kualitas guru yang kebanyakan guru kurang bisa membuat perangkat pembelajaran dengan baik dalam memanfaatkan penggunaan stategi dan metode pembelajaran yang sesuai materi yang diajarkan dan dengan perkembangan zaman. Dari sini kepala sekolah harus berusaha untuk meningkatkan kualitas guru mata pelajaran agar dapat mengimbangi guru-guru yang lain. Metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, serta kurangnya guru dalam pemanfatan teknologi pembelajaran yang ada. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan dalam pembinaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru di MA Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dilakukan di MA Nahdlatussalam, subyek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah bagian kurikulum, wali kelas dan dewan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik pengabsahan mengunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian, 1) Perencanaan pembinaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru disesuaikan dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan pendidik. Perencanaan melibatkan seluruh komponen sekolah, perencanaan dilakukan pada akhir tahun, membahas tentang tujuan, program, dan waktu pelaksnaan program, dilakukan dengan cara menganalisis peluang yang akan terjadi dimasa mendatang, 2) Pengorganisasian disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing komponen madrasah, yang dibagi berdasarkan mata pelajaran dengan bidang, wewenang, dan mulai dari tugas guru mapel, tugas guru wali kelas, tugas guru piket dan tugas pegawai lainnya. 3) Pelaksanaan dilakukan sesuai perencanaan dan pengorganisasian yang telah dilakukan Dalam pelaksanaan kepala Madrasah memberikan arahan, petunjuk dan motivasi pada seluruh komponen pelaksana. Pelaksanaan dilakukan dalam bentuk workshop atau seminar tentang peningkatan kompetensi guru, baik pedagogik, maupun profesional dengan melibatkan para guru dalam organisasi Pembinaan Profesi Guru seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kelompok Kerja Guru dan Pembinaan melalui supervisi kunjungan kelas. 4) Pengawasan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengusaan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional masing-masing personil, pengawasan dengan menggunakan pedoman yang telah disusun bersama, pengawasan bersifat top down dan botton up.

ABSTRACT

The research background were lack of teachers’ quality at MA Nahdlatussalam because some of them not able to make learning media well in utilize learning strategy and method that appropriate with today era. The Principal must try to improve teachers’ quality with others. Learning method that used by teacher was lack of variation, and also not really understand to utilize learning technology that provided. Based on those things, the research objectives were to know how the planning, organizing, implementation and monitoring that implemented when pedagogical and professional competence development toward teachers at MA Nahdhatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas Timur Sub-district Kapuas Regency.
This research was qualitative and did at MA Nahdhatussalam, the research subjects were Principal, Vice Principal of Curriculum, Homeroom Teacher and Teacher Council. Data collection techniques were observation, interview and documentation, then the data analyzed with data collection, data reduction, data display and data verification while data validation technique was source and method triangulation.

The result showed that: 1) Planning on Pedagogical and professional competence development toward teacher has customized with skill and background that teachers had. The planning involved all school components and did in the end of year, discussed about objective, program and its implementation. Planning also analyzed the chances that would happen in the future. 2) Organizing has customized with duty and responsibility each components had, which divided based on field, authority and responsibility started from the subject teachers duty, picket teachers duty, and other staff duty. 3) Implementation did according with planning and organizing that already done, principal gave direction, instruction and motivation for all school components. Implementation did in a form like seminar or workshop about improving teacher competence pedagogically or professionally and involved all teachers in organizations like MGMP, Teacher Work Group and development through supervision of school visitation. 4) Purpose of monitoring to know the mastery each member in pedagogical and professional competence, monitoring based on guide that arranged before and in top down and bottom up.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kompetensi Profesional Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 13 May 2022 03:14
Last Modified: 13 May 2022 03:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item