Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis

Windawaty, Windawaty (2015) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak WI.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN WI.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA WI.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODELOGI WI.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PENUTUP WI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN WI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif, (2) hasil belajar kognitif dan hasil belajar psikomotorik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif, (3) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif pada materi pokok fluida statis, (4) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif pada materi pokok fluida statis, (5) pengelolaan pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif, (6) respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran kooperatif.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model rancangan Pretest-Postest Control Group Design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X-3 dan X-5. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Palangka Raya pada bulan April sampai dengan Juni 2015. instrumen yang digunakan adalah tes kreativitas siswa, tes hasil belajar kognitif siswa, lembar penggamatan psikomotorik, lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, dan angket respon siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kreativitas siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 54,23 berada dalam kategori kurang kreatif. Sedangkan kreativitas siswa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 48,23 berada dalam kategori kurang kreatif, (2) hasil belajar kognitif siswa dilihat dari ketuntasan individu untuk kelas eksperimen diperoleh persentase 33% siswa yang tuntas, dan untuk kelas kontrol diperoleh persentase 23% siswa tuntas. Sedangkan hasil belajar psikomotorik baik kelas eksperimen dan kelas kontrol semua siswa tuntas dengan persentase 100%, (3) berdasarkan analisis uji hipotesis pada postest, gain dan N-gain kreativitas siswa menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05, (4) berdasarkan analisis hipotesis pada postest, gain dan N-gain tes hasil belajar kognitif siswa menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol (5) pengelolaan pembelajaran fisika pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor 3,49 dengan kategori cukup baik, dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata skor 3,32 dengan kategori cukup baik, (6) Respon siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada umumnya menyatakan senang.

ABSTRACT

This study aims to determine (1) the creativity of the students by using a model of problem-based learning and cooperative learning model, (2) the cognitive learning and learning outcomes psychomotor using a model of problem-based learning and cooperative learning model, (3) there is a least significant difference the creativity of the students by using a model of problem-based learning and cooperative learning in the subject matter of fluid static, (4) there is absence of a significant difference in student learning outcomes by using a model of problem-based learning and cooperative learning in the subject matter of fluid static, (5) learning management physics by using a model of problem-based learning and cooperative learning model, (6) the response of students using problem-based learning model and cooperative learning.

This study uses a model quasi experimental with pretest-postest control group design with sampling using purposive sampling, The selected sample is class X-3 and X-5. This research was conducted in the SMAN 4 Palangkaraya in April to June 2015. Instrument used is test the creativity of students, student achievement test cognitive, psychomotor observation sheets, observation sheets learning management and student questionnaire responses.

The Results showed that: (1) the creativity of the students in the experimental class has an average value of 54.23 is in the category of less creative. While creativity control class has an average value of 48.23 whitin the category of less creative, (2) cognitive learning outcomes of students seen from individual mastery to the experimental class obtained percentage of 33% of students who pass, and to control class obtained percentage of 23% of students completed. While the results of learning psycomotorboth experimental class and control class all the students completed with a percentage of 100%, (3) based on an analysis of hypothesis testting on the postest, gain and N-gain creativity of student showed no significant difference between the students’ experimental class and control class at level significant 0.05, (4) based on an analysis of hypothesis on posttest, gain and N-gain students’ cognitive achievement test showed no significant difference between the experimental class students and students in grade control at significance level of 0.05, (5) learning management class physics experiment obtained an average score of 3.49 by categories is quite good, and the control class gained an average score of 3.32 with good enough category, (6) The response graders experiment and the control class in general was pleased.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran kooperatif; kreativitas; hasil belajar; fluida statis;cooperative learning
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 19 Jan 2017 02:10
Last Modified: 19 Jan 2017 02:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/379

Actions (login required)

View Item View Item