Penerapan model pembelajaran aktif Tipe Giving Question and Getting Answer pada pokok bahasan cahaya di Kelas VIII semester 2 MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/ 2014.

Santoso, Rohmad Joko (2015) Penerapan model pembelajaran aktif Tipe Giving Question and Getting Answer pada pokok bahasan cahaya di Kelas VIII semester 2 MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (a)mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaranaktif tipe GQGA dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, (b)mengetahuibagaimanapengelolaanpembelajaranfisikadanresponsiswaterhadappenerapan model pembelajaran aktif tipe GQGAserta pembelajaran konvensional. (c)mengetahui faktor penunjang dan penghambat penerapan model pembelajaran aktif tipe GQGA dan pembelajaran konvensionalpada materi pokokCahaya.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, angket pengelolaan pembelajaran dan angket respon siswa. Butirsoalteshasilbelajarberjumlah 13soal yang valid dan14soal yang tidakvalid dengan tingkat reliabilitas soal 0,47 kategori sedang. Populasi penelitian adalahkelas VIII semester 2 MTsN-2 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014dan sampel penelitian adalah kelas VIII-F berjumlah 37siswasebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-Gberjumlah 36siswasebagai kelas kontrol. Analisis data THB tesawal dan tesakhir menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar di kelas eksperimen dengan model pembelajaran aktif tipe GQGA memiliki nilai rata-rata 49,35. sementara siswa yang belajar di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata 32,91. Analisis hipotesis pada test akhir,gain, N-gain dan postest menunjukkan ada perbedaan signifikan antara siswa yang diajar denganmodel pembelajaran aktif tipe GQGA dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas kontrol. (2) Persentase nilai rata-rata pengelolaan pembelajaran fisika secara keseluruhan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe GQGA yaitu sebesar 75,72% dengan kategori baik, untuk pembelajaran konvensional dengan kategori baik sebesar 78,25%. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe GQGApada pokok bahasan cahaya sebesar 100% siswa menyatakan senang, siswa menyatakan senang untuk pembelajaran konvensional
sebesar 85,29%. (3) faktor penunjang dalam model pembelajaran aktif tipe GQGA adalah tersedianya layar dan jaringan listrik di ruang kelas, faktor penunjang pembelajaran konvensional adalah guru lebih mudah menerapkan model pembelajaran konvensiona lkarena mudah digunakan dalam proses belajar. Faktor penghambat model pembelajaran aktif tipe GQGA adalah waktu yang tersedia tidak cukup untuk menyelesaikan materi pelajaran, faktor penghambat pembelajaran konvensional adalah siswa merasa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran sedang berlangsung.

ABSTRACT

This study is aimed to (a) know the difference of students’ physics learning outcomes between the students who taught by using active learning model of GQGA type and the students who taught by using conventional teaching, (b) know the how is the physics teaching management and students’ responds to ward the implementation of active learning model of GQGA type and conventional teaching. (c) know the supported and obstructed factors in the implementation of active learning model of GQGA type and conventional teaching on Radiance concept.

This study used experiment method of pretest-posttest of control group design. The instrument used was students’ cognitive learning outcomes, teaching learning management questionnaire and students’ respond questionnaire. The test item was consisted of 13 valid queries and 14 invalid queries on reliability test level of 0.47 on average category. Population of study was VIII grade of second semester of MTsN 2 Palangka Raya on Academic Year 2013/ 2014 and sample of study was VIII-F grade which consisted of 37 students as experiment class and VIII-G grade which consisted of 36 students as control class. THB data analysis of pretest and posttest used SPSS program version 17.0 for windows .

Result of the study showed that: (1) The students who learnt at experiment class by using active learning model of GQGA type had mean score on 49.35, while the students who learnt at control class by using conventional teaching had mean score on 32.91. The hypothesis analysis on final test, gain, N-gain and post-test showed that there was significant difference between the students who taught by using active learning model of GQGA type to the students who taught by using conventional teaching at control class. (2) The percentage of mean score of physics teaching management at experiment class by using active learning model of GQGA type was 75.72% on good category, 78.25% of conventional teaching on good category. The students responds to ward teaching activity by using learning model of GQGA type on Radiance topic was 100% declared their happiness, and 85.29% of the students declared their happiness on conventional teaching. (3) The supported factor in the implementation of active learning model of GQGA type was the available of screen and electricity at the class, the supported factor at conventional teaching was teacher was more easy to implement the conventional teaching model which caused of its easiness of usage in teaching learning process. The obstructed factor on active learning model of GQGA type was limited time of finishing the topic of learning, and the obstructed factor of conventional teaching was students’ boredom and saturation while teaching activity was on the process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Giving Question; Getting Answer, hasil belajar siswa; pembelajaran aktif
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 18 Jan 2017 07:11
Last Modified: 18 Jan 2017 07:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item