Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis science technology engineering mathematics kelas xi materi fluida dinamis di sma negeri 5 Palangka Raya

Komariyah, Nurul (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis science technology engineering mathematics kelas xi materi fluida dinamis di sma negeri 5 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NURUL KOMARIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melengkapi perangkat pembelajaran yaitu LKPD yang digunakan oleh guru. Penelitian ini juga didasari karena SMA Negeri 5 Palangka Raya kurangnya penggunaan perangkat pembelajaran LKPD. Guru lebih sering menggunakan buku paket dan modul dalam proses pembelajarannya daripada menggunakan LKPD. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru fisika dan kelas XI di SMA Negeri 5 Palangka Raya LKPD mendapatkan persentase terendah yaitu 25,93%, sedangkan modul mendapatkan persentase 33,33% dan buku paket mendapatkan persentase 40,74%.

Penelitian ini mengangkat materi fisika kelas XI yaitu Fluida Dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan LKPD berbasis STEM untuk kelas XI materi fluida dinamis; (2) bagaimana kelayakan LKPD berbasis STEM untuk kelas XI materi fluida dinamis; dan (3) bagaimana respons guru dan peserta didik terhadap hasil pengembangan LKPD berbasis STEM untuk kelas XI materi fluida dinamis.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau R&D yang menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara yang dilakukan pada saat pra-penelitian. penyebaran angket analisis kebutuhan, penyebaran angket validasi dan penyebaran angket respons. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi.

Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis STEM materi Fluida Dinamis yang diawali dengan tahap analisis kebutuhan, yaitu dengan cara menyebarkan angket untuk mengetahui kondisi peserta didik disekolah. Setelah peneliti mengembangkan LKPD sesuai dengan kebutuhan peserta didik, maka LKPD yang dibuat divalidasi oleh para ahli media dan ahli materi dan dilakukan uji coba skala kecil kepada peserta didik. Penilaian validasi oleh ahli media pertama mendapatkan 3,07 dengan kategori layak, sedangkan oleh ahli media kedua mendapatkan hasil 3,69 dengan kriteria sangat layak. Penilaian vaidasi oleh ahli materi pertama mendapatkan hasil skor 3,86 dengan kriteria sangat layak, sedangkan penilaian oleh ahli materi kedua mendapatkan hasil 3,26 dengan kriteria sangat layak. Respons guru terhadap LKPD yang dikembangkan mendapatkan hasil 3,33 dengan kategori sangat baik dan respons peserta didik yang didapatkan dari uji skala kecil mendapatkan 3,29 dengan kategori sangat baik.

ABSTRACT

This research was conducted to complement teaching materials, namely LKPD used by teachers. This research is also based on the lack of use of LKPD teaching materials in SMA Negeri 5 Palangka Raya. Teachers often use textbooks and modules in the learning process rather than using LKPD. Based on the results of the analysis of the needs of physics teachers and class XI at SMA Negeri 5 Palangka Raya, LKPD got the lowest percentage of 25.93%, while the module got the percentage of 33.33% and textbooks got the percentage of 40.74%.

This research raises the material of class XI physics, namely Dynamic Fluids. The objectives of this study are: (1) how to develop STEM-based worksheets for class XI for dynamic fluid materials; (2) how is the feasibility of STEM-based LKPD for class XI fluid dynamic material; and (3) how are the responses of teachers and students to the results of developing STEM-based LKPD for class XI for dynamic fluid material.

This research is included in development research or R&D using the ADDIE model. The research subjects were students of class XI MIPA SMA Negeri 5 Palangka Raya. Data collection techniques used include interviews conducted at the time of pre-research. distributing needs analysis questionnaires, distributing validation questionnaires and distributing response questionnaires.

The results of research on the development of STEM-based LKPD for Dynamic Fluids material, which begins with the needs analysis stage, by distributing questionnaires to determine the condition of students at school. After knowing these conditions, researchers want to develop teaching materials according to their needs. After the researchers developed the LKPD according to the needs of the students, the LKPD made was validated by media experts and material experts and a small-scale trial was conducted on students. The validation assessment by the first media expert got 3.07 with a decent category, while the second media expert got 3.69 with very decent criteria. The validation assessment by the first material expert got a score of 3.86 with very decent criteria, while the assessment by the second material expert got 3.26 with very decent criteria. The teacher's response to the developed LKPD got 3.33 in the very good category and the student response obtained from the small-scale test got 3.29 in the very good category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: LKPD; materi fluida dinamis; Science Technology Engineering Mathematics; STEM
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 31 Dec 2021 08:12
Last Modified: 31 Dec 2021 08:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item