Pengembangan e-module berbasis problem solving pada materi alat optik kelas xi sman 6 Palangka Raya

Sariah R, Rizky (2021) Pengembangan e-module berbasis problem solving pada materi alat optik kelas xi sman 6 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY SARIAH R.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada observasi pra-penelitian. Hasil sebaran anget di kelas XI SMAN 6 Palangka Raya diketahui bahwa menyukai pembelajaran fisika yang sifatnya memprediksi dan mengobservasi suatu fenomena di kehidupan sehari-hari. Peserta didik juga senang belajar menggunakan e-module dalam pembelajaran. Namun, e-module yang digunakan di sekolah masih belum mampu meningkatkan semangat belajar peserta didik dan meningkatkan pembelajaran dengan pemecahan masalah pada suatu materi fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan e-module berbasis Problem Solving pada materi Alat Optik kelas XI, mengetahui kelayakan produk berupa e-module dan mengetahui respon pendidik fisika dan respon peserta didik terhadap e-module yang dikembangkan.

Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D dengan tahapan-tahapannya yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dessemination (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara dan angket (kueisoner) untuk mendapatkan hasil kelayakan dan respons dari peserta didik dan pendidik. Instrumen pengumpulan data berupa 4 buah angket diantaranya ; angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respons pendidik serta angket respons peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriftif kuantitatif.

Hasil penelitian ini ialah : 1) proses pembuatan e-module yaitu analisis kebutuhan, pendefinisian tujuan dan batasan materi, desain e-module, dan validasi para ahli terhadap e-module yang dikembangkan; 2) kelayakan e-module, yakni hasil validasi ahli media diperoleh persentase 93,8% dengan kriteria Sangat Layak. Dan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 91,7% dengan kriteria Sangat Layak; 3) Hasil dari respon pendidik diperoleh persentase 98,5% dengan kategori sangat baik dan kriteria sangat menarik , dan respon peserta didik diperoleh persentase 82,7% dengan kategori sangat baik dan kriteria menarik.

ABSTRACT

This research was conducted based on the results of the needs analysis on pre-research observations. The results of the anget distribution in class XI SMAN 6 Palangka Raya are known to like learning physics which is predictive and observing a phenomenon in everyday life. Students also enjoy learning to use e-modules in learning. However, the e-module used in schools is still not able to increase students' enthusiasm for learning and improve learning by solving problems in a physics material. The purpose of this study was to determine the process of developing an e-module based on Problem Solving on the material of Class XI Optical Instruments, to determine the feasibility of the product in the form of an e-module and to determine the response of physics educators and student responses to the developed e-module.

This study uses the R&D (Research and Development) method with a 4D model with the stages, namely define, design, development, dessemination. However, in this study only limited to the development stage. Data collection techniques used in this study were interviews and questionnaires to obtain feasibility results and responses from students and educators. Data collection instruments in the form of 4 questionnaires including; material expert validation questionnaire, media expert validation questionnaire, and educator response questionnaire as well as student response questionnaire. The data analysis technique in this study used qualitative descriptive analysis and quantitative descriptive analysis.

The results of this study are: 1) the procedure for making e-modules, namely needs analysis, defining the objectives and limitations of the material, e-module design, and expert validation of the developed e-module; 2) the feasibility of the e-module, namely the validation results of media experts obtained a percentage of 93,8% with very valid criteria. And the results of material expert validation obtained a percentage of 91,7 % with very valid criteria; 3) The results of the teacher's response obtained a percentage of 98,5 % with a very good category and very interesting criteria, and the student response obtained a percentage of 82,7 % with a very good category and interesting criteria.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-module; Problem Solving; Alat Optik
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:56
Last Modified: 31 Dec 2021 07:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item