Yanti, Nor Hardi (2015) Pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRAK NH.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NH.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NH.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III NH.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV NH.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI NH.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V NH.pdf Download (247kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen, (2) Hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan metode eksperimen (3)korelasi antara hasil belajar afektif dan hasil belajar kognitif (4) korelasi antara hasil belajar psikomotor dan hasil belajar kognitif.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis deskriptif dan asosiatif (korelasi).
Populasi penelitian adalah kelas VIII SMPN 1 Palangka Raya tahun ajaran 2014/2015, dan sampel penelitian adalah kelas VIII-2 berjumlah 39 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengelolaan pembelajaran yang diamati oleh 3 orang pengamat, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik siswa diamati oleh 6 orang pengamat, serta tes hasil belajar kognitif siswa. Sebelum dilakukan tes, soal-soal tersebut diujicobakan terlebih dahulu semua butir-butir soal ditentukan tingkat reliabilitas dan validitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:
(1) Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 3,621 (2) Hasil belajar kognitif setelah menggunakan metode eksperimen pada materi getaran gelombang dan bunyi menunjukkan 76,667% siswa tuntas dan 23,333% siswa tidak tuntas, ketuntasan TPK sebesar 80% tuntas dan 20% tidak tuntas. Hasil belajar afektif dengan nilai sebesar 3,250 dengan kategori baik. Hasil belajar Psikomotor dengan nilai sebesar 3,28 dengan kategori baik. (3) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara hasil belajar afektif terhadap terhadap hasil belajar kognitif. Koefisien korelasi sebesar 0,656 dalam kategori kuat. (4) Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara hasil belajar psikomotor terhadap terhadap hasil belajar kognitif. Koefisien korelasi sebesar 0,626 dalam kategori kuat.
ABSTRACT
This study aims to determine (1) the management of learning by using the method of experiment, (2) the cognitive learning, affective, and psychomotor using an experimental method (3) the correlation between learning outcomes affective and cognitive learning outcomes (4) the correlation between psychomotor learning outcomes and the cognitive learning.
This research is a quantitative research using descriptive method using correlation type. The study population is class VIII SMPN 1 Palangkaraya 2014/2015 school year, and the sample is class VIII-2 amounted to 39 students selected by purposive sampling. The instrument used is the learning management sheets were observed by 3 observers, affective and psychomotor observation sheet the students were observed by six observers, as well as cognitive learning outcomes. Before the test, the questions are tested in advance all the test items specified levels of reliability and validity, distinguishing features and level of difficulty of the questions. Data analysis using Microsoft Excel and SPSS version 17.0 for Windows.
The findings that:
(1) management of learning using the experimental method is included in both categories with an average of 3.621 (2) the cognitive learning after using the experimental method to the material vibrations, sound waves and can complete the 76.677% and 23.333% of students do not complete the thoroughness of TPK amounting to 80% complete and 20% incomplete. Affective learning outcomes with a value of 3.250 with both categories. Psychomotor learning outcomes with a value of 3.28 with a good category (3) there is a positive and significant correlation between affective learning outcomes on the cognitive learning. Correlation coefficient of 0.656 with the strong category. (4) there is a positive and significant correlation between the cognitive learning. Correlation coefficient of 0.626 with both categories.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran; metode eksperimen; hasil belajar; getaran; gelombang dan bunyi |
Subjects: | 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 08:49 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 08:49 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/368 |
Actions (login required)
View Item |