Pelaksanaan pendidikan karakter religius, disiplin, jujur, dan mandiri pada pembelajaran tematik kelas iv di sdit al ghazali Palangka Raya

Nurlita, Safira (2021) Pelaksanaan pendidikan karakter religius, disiplin, jujur, dan mandiri pada pembelajaran tematik kelas iv di sdit al ghazali Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SAFIRA NURLITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Pelaksanaan pendidikan karakter dapat menentukan kepribadian dan moral peserta didik. Untuk pelaksanaan karakter dalam pembelajaran tematik dilakukan baik secara offline maupun online. Permasalahannya yaitu bagaimana pelaksanaan karakter religius, bagaimana pelaksanaan karakter disiplin, bagaimana pelaksanaan karakter jujur dan bagaimana pelaksanaan karakter mandiri pada pembelajaran tematik kelas IV di SDIT Al Ghazali Palangka Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaankarakter relegius, karakter disiplin, karakter jujur, dan karakter mandiri pada pembelajaran tematik kelas IV di SDIT Al Ghazali Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV Al Quddus SDIT Al Ghazali dan 5 orang siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter saat ini dilakukan secara daring. Karakter religius yang terlihat yaitu siswa mengucapkan salam sebelum dan sesudah belajar, berdoa sebelum dan sesudah belajar, menghafalkan surah-surah pendek, sholat serta menghormati orang yang lebih tua bahkan sesama temannya. Karakter disiplin yang terlihat yaitu peserta didik tepat waktu masuk zoom ada juga yang telat, mematuhi tata tertib sekolah, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Karakter jujur yang terlihat yaitu peserta didik jujur dalam hal apapun seperti menyetor hafalan surah-surah pendek, jujur ketika diberi pertanyaan dan jujur akan tanggung jawab yang diberikan. Karakter mandiri yang terlihat yaitu peserta didik mandiri dalam hal apapun seperti mandiri dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan sendirinya, mandiri menjawab soal dan mandiri dalam menjaga barang pribadinya.

ABSTRACT

The implementation of character education can determine the personality and morals of students. For the implementation of characters in thematic learning, it is carried out both offline and online. The problems are how to implement religious character, how to implement disciplined character, how to implement honest character and how to implement independent character in fourth grade thematic learning at SDIT Al Ghazali Palangka Raya. The purpose of this study was to describe the implementation of religious character, discipline character, honest character, and independent character in fourth grade thematic learning SDIT Al Ghazali Palangka Raya.

This study uses a descriptive qualitative approach. Subjects in this study were the fourth grade teacher of Al Quddus SDIT Al Ghazali and 5 students. Data collection techniques using observation techniques, interviews and documentation.

The results of the study indicate that the implementation of character education is currently carried out online. The visible religious characters are students saying greetings before and after studying, praying before and after studying, memorizing short suras, praying and respecting elders and even their friends. Disciplined characters Visible discipline characters are students who enter Zoom on time, some are late, obey school rules, and submit assignments on time. The honest character that can be seen is that students are honest in any case such as memorizing short suras, being honest when asked questions and being honest about the responsibilities given. The independent character that is seen is that students are independent in any case such as being independent in doing the tasks given by the teacher by themselves, independently answering questions and being independent in maintaining their personal belongings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Religius; Displin; Jujur; Mandiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 15 Dec 2021 08:33
Last Modified: 15 Dec 2021 08:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3672

Actions (login required)

View Item View Item