Pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik oleh mahasiswi jurusan ekonomi islam iain Palangka Raya

Tuti, Siti Aliyah (2021) Pengaruh pencantuman label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik oleh mahasiswi jurusan ekonomi islam iain Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SITI ALIYAH TUTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Industri kosmetik halal semakin meningkat seiring dengan permintaan pasar yang tinggi. Kini, masyarakat sudah mulai beralih dan menyadari pentingnya menggunakan produk kecantikan halal. Produk kecantikan halal menjadi pilihan pencinta kosmetik karena selain membantu mempercantik kulit, juga terbuat dari bahan baku yang aman untuk kulit. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik oleh mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam IAIN Palangkaraya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data penulis menggunakan angket. Dari hasil uji coba instrument yang dilakukan kepada 30 responden dengan jumlah 19 pernyataan. Dari 19 pernyataan tersebut 18 dinyatakan valid dan 1 dinyatakan tidak valid karena nilai rhitung lebih rendah dari rtabel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya, sedangkan sampel penelitian berjumlah 90 responden dengan teknik penarikan yaitu random sampling. Uji prasyarat menggunkan uji normalitas dengan teknik Kolmogorov smirnov dan uji kolerasi pearson product moment dan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik memiliki hubungan yang kuat berdasarkan hasil dari koefisiensi kolerasi pearson product moment yaitu sebesar 0,673. Diperoleh pula nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan. Kemudian uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai koefisien determin sebesar 0,454 yang artinya pengaruh dari label halal terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 45,4%. Terlihat pula bahwa Fhitung sebesar 73.052 dengan tingkat signifikansi probabilitas 0,000 < 0,05 maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel keputusan pembelian. Maka dari itu, Ha diterima dan Ho ditolak, artinya signifikan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik.

ABSTRACT

The halal cosmetic industry is increasing along with high market demand. Now, people have started to switch and realize the importance of using halal beauty products. Halal beauty products are the choice of cosmetic lovers because in addition to helping beautify the skin, they are also made from raw materials that are safe for the skin. The purpose of this study is to find out how the influence of halal labels on the purchasing decisions of cosmetic products by students of the Islamic Economics Department IAIN Palangkaraya.

This research is a field research using quantitative research. The author's data collection method uses a questionnaire. From the results of instrument trials conducted on 30 respondents with a total of 19 statements. Of the 19 statements, 18 are declared valid and 1 is declared invalid because the value of rcount is lower than rtable. The population in this study were students of the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Palangka Raya, while the research sample amounted to 90 respondents with a random sampling technique. The prerequisite test used the normality test using the technique Kolmogorov Smirnov and the correlation Pearson product moment and the simple linear regression analysis technique using SPSS 22.

The results showed that the halal label on the decision to purchase cosmetic products had a strong relationship based on the results of the correlation coefficient. Pearson product moment that is equal to 0.673. Also obtained a significance value of 0.000 which means that there is a significant relationship. Then the simple linear regression test shows the value of the determinant coefficient of 0.454, which means that the influence of the halal label on purchasing decisions is 45,4%. It is also seen that the Fcalculated 73.052 with a probability significance level of 0.000 <0.05, so the regression model can be used to predict the purchasing decision variables. Therefore, Ha accepted and Ho rejected, significant meaning. So it can be concluded that the halal label affects the purchasing decisions of cosmetic products.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Keputusan Pembelian, Produk Kosmetik
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Dec 2021 07:15
Last Modified: 10 Dec 2021 07:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3647

Actions (login required)

View Item View Item