Persepsi masyarakat terhadap uang muka 0% pada pt.koperumnas Palangka Raya residences menurut perspektif islam

Rina, Rina (2021) Persepsi masyarakat terhadap uang muka 0% pada pt.koperumnas Palangka Raya residences menurut perspektif islam. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

PT. Konsumen Umum Perumahan Nasional yang disingkat KOPERUMNAS adalah wadah untuk membangun rumah subsidi yang mensejahterakan anggotanya dan masyarakat pada umumnya tanpa BI Checking dan tanpa riba. Adanya produk dengan uang muka 0% menjadi solusi bagi masyarakat kelas menengah kebawah untuk mewujudkan mimpinya memiliki rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan uang muka 0% pada PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence di Kota Palangka Raya dan mengetahui tingkat Kepuasan Konsumen.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah konsumen dari PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence dan informan dalam penelitian ini adalah pihak PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian dari persepsi masyarakat terhadaap uang muka 0% pada PT.KOPERUMNAS Palangka Raya Residence di Kota Palangka Raya bahwa mekanisme pengajuan pembiayaan kepemilikan rumah oleh PT. Konsumen Umum Perumahan Nasional Palangka Raya Resideces melalui tahapan pengajuan Pembiayaan Kepemilikan Rumah, lalu memenuhi persyaratan menjadi konsumen. Setelah itu Pemilihan produk pembiayaan, dan Proses akad kemudian menandatangani surat perjanjian, baru lah konsumen melakukan Pembayaran angsuran pertama. Kepuasan Konsumen terhadap uang muka 0% pada PT. Konsumen Perumahan Umum Nasional Palangka Raya Residence ini sangat puas jika dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Kualitas produknya juga sebanding dengan harga yang ditawarkan, hanya saja dalam proses pembangunan memakan waktu yang lama.

ABSTRACT

PT. General Consumer of National Housing abbreviated as KOPERUMNAS is a forum to build subsidized houses that will prosper its members and society in general without BI Checking and without usury. The existence of a product with a 0% down payment is a solution for the lower middle class community to realize his dream of owning a house. This study aims to determine the mechanism of implementation of 0% down payment at PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence in Palangka Raya City and find out the level of Consumer Satisfaction.

This research is a field research by using qualitative methods. The subject in this study is the informants in this study were consumers of PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence and the PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation, then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results of the research from the public's perception of the 0% down payment at PT. KOPERUMNAS Palangka Raya Residence in Palangka Raya City that the mechanism for submitting home ownership financing by PT. General Consumers of Palangka Raya Residential National Housing through the stages of submitting Home Ownership Financing, then meet the requirements of being a consumer. After that Selection of financing products, and the contract process and then signing a letter of agreement, then the consumer makes the first installment payment. Consumer Satisfaction with a 0% down payment at PT. This Palangka Raya Residence National Public Housing consumer is very satisfied when viewed in terms of the quality of service provided to consumers. The quality of the product is also comparable to the price offered, it's just that the development process takes a long time.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme; Persepsi; PT.Koperumnas Palangka Raya
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:48
Last Modified: 06 Dec 2021 06:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3628

Actions (login required)

View Item View Item