Sistem pemasaran shopee melalui flash sale dalam prespektif ekonomi syariah

Amaliyah, Noor (2021) Sistem pemasaran shopee melalui flash sale dalam prespektif ekonomi syariah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NOOR AMALIYAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Program flash sale dan tagline “Gratis Ongkir” membuat Shopee menjadi salah satu platform belanja online yang populer di Indonesia. harga yang di tetapkan dalam flash sale dapat terjangkau, sebagian harga yang ditetapkan bukan harga normal, melainkan cenderung murah. Flash sale berusaha untuk menerapkan jual beli yang fair atau tidak merugikan baik bagi penjual maupun pembeli. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebaikan bagi keduanya, yakni memelihara dari kebaikan dan menjaga kemanfaatannya.

Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji sistem pemasaran shopee menggunakan flash sale dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pemasaran shopee menggunakan flash sale. Metode penelitian ini adalah kualitatif.

Hasil penelitian ini yaitu, 1) Flash sale, adalah system pemasaran cepat menggunakan batas waktu, harga flash shale lebih rendah bahkan mencapai 50% dari harga pasaran. Flash sale Shopee memberikan garansi uang kembali bagi pembeli yang menemukan harga lebih murah. Barang yang dijual adalah barang yang dibutuhkan oleh mnasyarakat dengan merek yang terkenal. 2) Dalam tinjauan ekonomi Islam flash sale sistemnya sama seperti jual beli online, pembeli terlebih dahulu memesan, kemudian membayar melalui transfer setelah itu barang akan dikirim. Program flash sale ini tidak dilarang karena antara penjual dan pembeli saling ridha tidak saling mandzalimi, tidak ada unsur riba, tidak ada unsur tipuan, tidak ada unsur gharar (spekulasi) dan jahalah, komoditas yang dijual bukan yang diharamkan dan tidak ada yang dirugikan.

ABSTRACT

The flash sale program and the tagline “Free Shipping” have made Shopee one of the most popular online shopping platforms in Indonesia. the prices set in flash sales can be affordable, some of the prices set are not normal prices, but tend to be cheap. Flash sales try to implement fair or non-disadvantaging trading for both the seller and the buyer. It aims to provide good for both, namely preserving from goodness and maintaining its benefits.

The focus of this research is to examine the shopee marketing system using flash sales and how to review the Islamic economy on shopee marketing using flash sales. This research method is qualitative.

The results of this study are, 1) Flash sale, is a fast marketing system using a time limit, the price of flash shale is lower and even reaches 50% of the market price. Shopee flash sales provide a money back guarantee for buyers who find lower prices. The goods sold are goods needed by the community with well-known brands. 2) In an Islamic economic review, the flash sale system is the same as buying and selling online, the buyer first places an order, then pays by transfer after which the goods will be sent. This flash sale program is not prohibited because the seller and buyer are mutually pleased with each other, there is no element of usury, there is no element of deception, there is no element of gharar (speculation) and jahalah, the commodity being sold is not what is forbidden and no one is harmed.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran; Flash sale dan ekonomi syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 30 Nov 2021 03:37
Last Modified: 30 Nov 2021 03:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item