Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran fisika pada materi besaran dan satuan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa Kelas VII semester I MTS Darul Amin Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016

Hakim, Lukman (2015) Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran fisika pada materi besaran dan satuan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa Kelas VII semester I MTS Darul Amin Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak LH.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LH.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LH.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III LH.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV LH.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V LH.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (a) Mengetahui hasil belajar siswa, (b) Mengetahui aktivitas belajar dan (c) Mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penerapan integrasi nilai-nilai keislaman dan tanpa integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran fisika siswa dalam materi pelajaran besaran dan satuan di kelas VII MTs Darul Amin Palangka Raya dengan menerapkan integrasi nilai-nilai keislaman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif dan eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes hasil belajar (THB) kognitif siswa dengan instrumen tes berjumlah 14 butir soal. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII B MTs Darul Amin Palangka Raya yang berjumlah 30 siswa. Populasi penelitian adalah kelas VII semester MTs Darul Amin Palangka Raya Tahun Ajaran 2015/2016, sampel penelitian adalah kelas VII B yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data THB awal dan akhir menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.

Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas integrasi adalah 72,07 dan kelas tanpa integrasi 70,67. Persentase aktifitas siswa pada kelas eksperimen tiap pertemuannya berturut-turut, 66,79%, 73,14% dan 82,47% sedangkan pada kelas kontrol berturut yaitu, 68,14%, 69,74% dan 70,89%. Analisis hipotesis menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penerapan integrasi nilai-nilai keislaman dan tanpa integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran fisika Siswa Kelas VII Semester I Mts Darul Amin Palangka Raya, pada taraf signifikasi 0,05.

ABSTRACT

This study aims to (a) Knowing student learning outcomes, (b) Determine learning activities and (c) Determine whether there is a significant difference between student learning outcomes with the application integration of Islamic values and without the integration of Islamic values in the learning of physics students in the subject matter and the amount of units in the class VII MTs Darul Amin Palangkaraya to implement the integration of Islamic values.

This research uses quantitative types of descriptive and experiment. The instrument used was the observation of student activity sheet and test results of learning (THB) students with a cognitive test instruments amounted to 14 items. The subjects were all students of class VII B MTs Darul Amin Palangkaraya totaling 30 students. The study population was half of the class VII MTs Darul Amin Palangkaraya School Year 2015/2016, the study sample was a class VII B totaling 30 people as an experimental class and VII class A totaling 30 people as the control class. THB data analysis start and end using SPSS version 17.0 for Windows.

Research results obtained from this research that the average value of the integration class and not use integration class is 72.07 70.67. The percentage of students in the integration class activities each successive meeting, 66.79%, 73.14% and 82.47% respectively, while the not use integration class that is, 68.14%, 69.74% and 70.89%. Hypothesis analysis shows that there is no significant difference between student learning outcomes with the application integration of Islamic values and without the integration of Islamic values in the learning of physics Student Class VII Semester Mts Darul Amin Palangkaraya, the level of significance of 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Integrasi nilai-nilai keislaman; aktivitas siswa ; hasil belajar; learning outcomes
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:09
Last Modified: 16 Nov 2017 07:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item View Item