Efektivitas penerapan metode ceramah dan demonstrasi pada pembelajaran wudhu di SDN I jingahdi Muara Teweh

A. Dahlan, A. Dahlan (2020) Efektivitas penerapan metode ceramah dan demonstrasi pada pembelajaran wudhu di SDN I jingahdi Muara Teweh. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
A.Dahlan - 16016001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menjelaskan efektifitas pembelajaran wudhu dengan metode ceramah dan demonstrasi, (2) untuk mengetahui nilai yang diperoleh siswa dalam pembelajaran wudhu dengan metode ceramah dan demonstrasi. Penelitian ini menggunakan beberapa kajian teoritis, di antaranya adalah teori efektivitas, konsep metode ceramah dan demonstrasi, serta konsep wudhu dan sholat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ada di SDN 1 Jingah, dengan fokus pada kelas II dan IV. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan informan dengan cara purposive sampling hingga akhirnya diperoleh 6 informan. Analisa data menggunakan analisa data deskriptif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Metode ceramah memiliki efektivitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran wudhu. Hal ini karena metode ceramah sendiri memiliki beberapa kelemahan. Sedangkan metode demonstrasi lebih efektif jika dibandingkan dengan metode ceramah dalam pembelajaran wudhu dan sholat. Hal ini karena metode demonstrasi sendiri memiliki beberapa keunggulan. (3) Nilai yang diperoleh siswa dalam pembelajaran wudhu dengan metode demonstrasi memiliki rata-rata kelas yang lebih tinggi jika dibandinkan dengan menggunakan metode ceramah.

Abstract

The aims of this study were (1) to explain the effectiveness of ablution learning using speech and demonstration methods, (2) to determine the value obtained by students in ablution learning using speech and demonstration methods. This research used several theoretical studies, including the theory of effectiveness, the concept of speech and demonstration methods, and the concept of ablution and prayer. The method used in this research is qualitative. The research location is SDN 1 Jingah, with a focus on grades II and IV. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation study. The technique of taking informants was purposive sampling until finally 6 informants were obtained. Data analysis used descriptive data analysis with the stages of data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of the study state that (1) the speech method has lower effectiveness when compared with the demonstration method in ablution learning. This is because the speech method has several weakness. The demonstration method is more effective when compared with the speech method in ablution and prayer learning. This is because the demonstration method has several advantages. (3) The value obtained by students in ablution learning with the demonstration method has a higher class average when compared with the speech method.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Wudhu dan Sholat;Efektivitas; Metode Ceramah; Metode Demonstrasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:43
Last Modified: 28 Sep 2021 02:43
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3559

Actions (login required)

View Item View Item