Nisa, Uswatun (2021) Pengembangan e- modul berbantuan sigil pada materi suhu dan kalor. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Uswatun Nisa - 151130345.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan Berdasarkan observasi langsung dan wawancara dengan guru fisika di MA Hidayatul Insan Palangka Raya diketahui bahwa dalam pembelajaran materi ini hanya mengandalkan penjelasan dari guru saja. Sehingga siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Selain itu juga rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran masih kurang, dilihat dari kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran. Padahal materi suhu dan kalor sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga membuat penguasaan materi juga kurang berdasarkan nilai latihan dan ulangan harian materi ini masih rendah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil dari e-Modul fisika Berbantuan SIGIL pada materi suhu dan kalor, kelayakan produk dari ¬e-modul fisika berbantuan SIGIL pada materi suhu dan kalor, dan tanggapan guru dan siswa terhadap e-modul fisika berbantuan SIGIL pada materi suhu dan kalor.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4 D. Tahapan-tahapannya adalah analisis kebutuhan, pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Namun, penelitian hanya dibatasi sampai pengembangan.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Materi Pelajaran, Kurikulum, dan Silabus Materi yang Dikembangkan E-Module hasil penelitian dan pengembangan ini memuat materi mata pelajaran Fisika MA Hidayatul Insan Palangka Raya Kelas XI Smester 1 yaitu tentang suhu dan kalor. Kurikulum yang digunakan dalam penyusunan modul elektronik ini adalah kurikulum 2013 yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah tempat penelitian. 2) Berdasarkan hasil penilaian dari aspek kelayakan penyajian media pembelajaran hasil pengembangan berada pada kategori baik. Untuk kriteria kelayakan produk diketahui Valid. Secara keseluruhan, interval hasil penilaian aspek tampilan. 3) Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapat hasil yang sangat baik untuk respon guru dan siswa pada media yang dikembangkan. Karena dengan adanya media yang dikembangkan berupa e-module memudahkan sisawa untuk memahami materi yang disajikan oleh guru.
Abstract
This research was conducted based on direct observation and interviews with physics teachers at MA Hidayatul Insan Palangka Raya, it is known that in learning this material only relies on explanations from the teacher. So that students are less enthusiastic in learning. In addition, students' curiosity about learning is still lacking, seen from the lack of student activity in learning. In fact, temperature and heat are closely related to everyday life. So that it makes mastery of the material less based on the value of practice and daily tests of this material which is still low.
The purpose of this study was to determine the profile of the SIGIL-assisted physics e-Module on temperature and heat material, the product feasibility of the SIGIL-assisted physics e-module on temperature and heat material, and teacher and student responses to the SIGIL-assisted physics e-module on temperature material and heat.
This study uses the Research and Development (R&D) method of the 4 D development model. The stages are needs analysis, definition, design, development and dissemination. However, research is limited to development.
The results of this study are: 1) Subject matter, curriculum, and syllabus. The material developed by the E-Module as a result of this research and development contains the subject matter of Physics MA Hidayatul Insan Palangka Raya Class XI Smester 1, which is about temperature and heat. The curriculum used in the preparation of this electronic module is the 2013 curriculum which is in accordance with the curriculum used by the school where the research is conducted. 2) Based on the results of the assessment of the feasibility aspect of presenting the learning media the results of the development are in the good category. The product eligibility criteria so it is known to be valid. Overall, the intervals of the results of the assessment of the display aspects. 3) Based on the research that has been done, it is obtained excellent results for teacher and student responses to the developed media. Because the media developed in the form of an e-module makes it easier for students to understand the material presented by the teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Fisika, SIGIL, Suhu dan Kalor |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 24 Sep 2021 03:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 04:42 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3557 |
Actions (login required)
View Item |