Strategi bank Indonesia kpw Kalteng dalam perkembangan pembayaran nontunai melalui quick response code Indonesia standard (QRIS) pada UMKM di Kota Palangka Raya

Meliyanti, Meliyanti (2021) Strategi bank Indonesia kpw Kalteng dalam perkembangan pembayaran nontunai melalui quick response code Indonesia standard (QRIS) pada UMKM di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Meliyanti - 170411056.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di era digital ini QRIS memberikan kemudahan dalam bertransaksi. QRIS merupakan pembayaran baru yang dikeluarkan BI yang bekerja sama dengan PJSP. Sehingga diperlukan strategi untuk perkembanganya. Dalam rencana riset ini akan mengkaji strategi BI Kalteng dalam perkembangan pembayaran nontunai melalui QRIS. Penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan yaitu, (1) Strategi BI KPw Kalteng dalam perkembangan pembayaran nontunai melalui QRIS pada UMKM (2) Dampak Strategi perkembangan pembayaran nontunai melalui QRIS (3) kendala Strategi perkembangan pembayaran QRIS.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah pegawai Bank Indonesia khususnya Asisten Manajer (UIKSPPSPPUR) dan informan ialah Pemilik usaha UMKM serta Konsumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi BI KPw Kalteng dalam perkembangan pembayaran melalui QRIS pada UMKM di Kota Palangka Raya yaitu melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan QRIS kepada masyarkat dan membantu memfasilitasi para merchant untuk mendaftaran QRIS. Strategi yang dilakukan cukup berhasil hanya saja memiliki kelemahan (2) Dampak strategi BI KPw Kalteng yaitu Meningkatnya Penggunaan Pembayaran nontunai, mencegah penyebaran COVID-19, transaksi aman dan mudah (3) Kendala yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan masyarakat/merchant tentang pembayaran melalui QRIS, sehingga dalam mengajak masyarakat untuk menggunakan QRIS sedikit sulit, dan pembuatan barcode yang cukup lama, sehingga membuat perbedaan antara data dan lapangan.

Abstract

In this digital era QRIS give the convenience in transaction. QRIS is a new payment that created by BI which cooperated with PJSP. So need the strategy in its development. The plan in this research will examine the strategy from BI Kalteng in non-cash payment development through QRIS. This research focus on three problems, they are (1) Bank Indonesia's strategy in non-cash payment development through QRIS on Micro and Macro Business (2) The Impact from non-cash payment development strategy through QRIS (3) The problem from non-cash payment development strategy through QRIS.

This research used field research and used qualitative descriptive approach. While the subject on this research was the employee of BI especially Manager Assistant (UIKSPPSPPUR) and the informant was the owner of Micro and Macro Business also the consumer. Data collection technique used observation, interview and documentation. Data validation technique used source triangulation technique.

The result showed that (1) One of strategy from BI KPW Kalteng in non-cash payment development through QRIS on Micro and Macro Business at Palangka Raya like did socialization to introduce QRIS to the people and help to facilitate the merchant to registered the QRIS. This strategy was success but still had weakness (2) The impact from strategy of BI KPW Kalteng was the increase of use non-cash payment, prevent the spread of COVID-19, safe and easy transaction (3) Problems face were lack of knowledge from the people/merchant about payment through QRIS, so when persuade the people to use QRIS little difficult, and took a long time in making barcode, so make difference between data and field.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bank Indonesia; QRIS; UMKM
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 10 Sep 2021 04:12
Last Modified: 10 Sep 2021 04:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item