Kepemimpinan kepala madarasah dalam pembinaan disiplin kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kota Palangka Raya

Rahman, Anang (2021) Kepemimpinan kepala madarasah dalam pembinaan disiplin kerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Anang Rahman - 1501160005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan disiplin kerja guru di madrasah ibtidaiyah negeri (min) 4 kota palangka raya. Adapun latar belakang penelitian ini adalah guna menjaga kepercayaan orang tua murid, kepala MIN Negeri 4 Palangka Raya menerapkan disiplin jam masuk dan pulang kerja, penerapan disiplin ini melalui pengelolaan data pada system fingerfrint. Hal ini merupakan upaya kepemimpinan kepala Madrasah MIN Negeri 4 kota Palangka guna mendorong, mengarahkan, membina serta memotivasi kerja para dewan guru di MIN Negeri 4 Kota Palangkaraya. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian inin adalah 1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan disiplin kerja guru pada jam masuk dan jam pulang di MIN Negeri 1 Kota Palangka Raya?, 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan disiplin kerja guru pada jam keluar kelas dan jam masuk kelas di MIN Negeri 1 Palangka Raya?, 3) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan disiplin kerja guru dalam hal melaksanakan proses pembelajaran?

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang disesuaikan dengan isu dan pendekatan yang telah ditetapkan. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Temuan dalam penelitian ini adalah 1) hubungan yang harmonis yang dibangun oleh kepala madrasah kepada para dewan guru berpengaruh pada kepatuhan guru akan tata tertib yang telah ditentukan hal ini seperti jadwal jam masuk dan jadwal jam pulang di MIN Negeri 4 Kota Palangka Raya. 2) Kepala sekolah melakukan pengawaasan dengan berkeliling memeriksa pelaksanaan pembelajaran, adapun bila guru terjadwal belum datang atau tidak berhadir maka menukar jam belajar tersebut agar tidak terjadi kekosongan. 3) Tindakan yang dilakukan Kepala Madrasah terhadap guru yang datang terlambat dan pulang lebih awal yaitu berupa teguran lisan dan teguran tulisan. Kemudian Kepala Madrasah juga memberikan penghargaan terhadap guru yang disiplin terhadap jam masuk dan jam pulang kerja berupa diberikan kesempatan terhadap guru untuk ikut dalam pelatihan yang diadakan diluar kota dengan dibiayai oleh sekolah.

Abstract

This study entitled the leadership of the head of the madrasah in fostering the discipline of teacher work in state madrasah ibtidaiyah (min) 4 Palangka Raya city. The background of this research is to maintain the trust of parents of students, the head of MIN Negeri 4 Palangka Raya applies the discipline of hours of entry and return from work, the application of this discipline is through data management on the fingerfrint system. This is the leadership effort of the head of Madrasah MIN Negeri 4 Palangka city to encourage, direct, foster and motivate the work of the teacher councils at MIN Negeri 4 Palangkaraya City. As for the formulation of the problem in this research is 1) How is the leadership of the madrasa principal in fostering teacher work discipline during entry and return hours at MIN Negeri 1 Palangka Raya City ?, 2) How is the leadership of the head of the madrasah in fostering teacher work discipline during class leave and class entry hours at MIN Negeri 1 Palangka Raya ?, 3) How is the leadership of the madrasah principal in fostering teacher work discipline in terms of carrying out the learning process?

This type of research is a descriptive study with a qualitative approach. The data collection technique in this study is the observation method, interviews and documentation tailored to the issues and approaches that have been determined. Data was analyzed using triangulation techniques with data validity checking using the technique: credibility, transferability, dependability and conformability.

The findings in this study are 1) The harmonious relationship built by the principal of the madrasah to the teacher councils affects teachers' compliance with the rules that have been determined, such as the timetable for admission and return time at MIN Negeri 4 Palangka Raya City. 2) The school principal supervises by going around checking the implementation of learning, if the scheduled teacher has not come or is not present, then swap the learning hours so that there are no vacancies. 3) Actions taken by the Head of Madrasah against teachers who arrive late and return early include verbal and written warnings. Then the head of the Madrasah also gives an award to teachers who are disciplined in terms of entry and return hours of work in the form of being given the opportunity for teachers to participate in training held outside the city with funding from the school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah; Pembinaan; Disiplin; Guru ; Kepemimpinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Sep 2021 03:30
Last Modified: 08 Sep 2021 03:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3518

Actions (login required)

View Item View Item