Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft office power point 2019 Pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya

Irsyad, Dina Mahabbah (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis microsoft office power point 2019 Pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Dina Mahabbah Irsyad - 1501112013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah lebih cenderung kepada penggunaan buku paket yang disediakan oleh sekolah, seharusnya dala memberikan penjelasan diperlukan visualisasi. Untuk mengatasi hal ini diperlukan pengembangan media microsoft office power point 2019 yang kreatif dan inovatif agar menarik perhatian peserta didik. Keterbatasan media yang digunakan pada pembelajaran inilah yang menjadi acuan peneliti untuk mengembangkan pengembangan media berbentuk microsoft office power point
2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tahapan• tahapan pengembangan media microsoft office power point 2019 pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) Bagaimana kelayakan penggunaan media aplikasi microsoft office power point
2019 mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka
Raya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media menggunakan aplikasi microsoft office power point 2019 pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) Untuk mengatahui kelayakan media microft office power point 2019 yang digunakan pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,implementasi dan evaluasi. Sementara dalam penelitian ini peneliti menggunakan 4 tahapan prosedur pengembangan yaitu melalui analisis, desain, pengembangan dan implementasi. Untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, diperlukan data kuantitatif berupa skor tanggapan tentang kualitas produk dari ahli materi dan ahli media serta guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media microsoft office power point 2019 pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya memiliki kategori kelayakan "sangat baik" hal ini didasarkan pada perolehan persentase menggunakan skala likert. Adapun hasil validasi dan uji coba diantaranya a) Validasi ahli materi menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh 94% dengan kriteria sangat baik; b) Validasi ahli media menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh90% dengan kriteria sangat baik; c) uji coba kelompok kecil dari tiga responden 84% dengan kriteria sangat baik.

Abstract

Implementation of learning Al-Islam in Junior high school Muhammadiyah more inclined to use package book provided by school, visualization should be needed in providing explanations. Resolving this matter required media development microsoft office power point 2019 creative ones and innovative in order to attract attention learners. Limitation of media used on learning becomes reference researchers to develop the development media designed from microsoft office power point 2019. Research problems are ( 1) How stages media development microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade students in SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) How appropriateness media use application microsoft office power point 2019 subject Al-Islam to VIII grade students in SNP Muhammadiyah Palangka Raya. This research aims to (1) To describe process media development use aplications microsoft office power point
2019 on subjects Al-Islam to VIII grade student in SMP Muhammadiyah Palangka Raya (2) To know appropriateness media microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade students in SMP Muhammadiyah Palangka Raya. This research using method research and development with use model ADDIE, namely analysis, design, development and implementation. Procedure development through four stages to know product quality was developed, required data quantitative in the form of a score feedback about product quality from material expert and media expert as well as teachers and students. The results of the study shows development microsoft office power point 2019 on subjects Al-Islam to VIII grade students in SMP Muhammadiyah Palangka Raya have categories appropriateness "very good", this mater based on presentation acequisition using a scale likert as for the result validation and tasting among them a) Validation material expert mention that final presentation which is obtained 94% by criteria very good; b) Validation media expert mention that final presentation which is obtained 90% by criteria very good; c) Testing small group from three respondents
84% by criteria very good.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media ; Pembelajaran ; Microsoft Office Power Point 2019
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:02
Last Modified: 03 Sep 2021 08:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item