Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan

Husnah, Titin Alia (2021) Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Titin Alia Husnah - 19016149.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dampak covid-19 merubah pembelajaran menjadi daring (dalam jaringan), dan kedua sekolah tempat yang menjadi lokasi penelitian memiliki koneksi internet yang tidak merata dan pembelajaran menggunakan aplikasi whatsapp group, google clasroom. Rumusan masalah pada penelitin ini yaitu: (1) Metode apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan: (2) Media apa saja yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fikih pada masa pandemi covid -19 di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan dan (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran fikih pada masa pandemi covid-19 di MIS Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti berusaha menganalisis dan menggambarkan penelitian secara objektif dan mendetail untuk mendapatkan hasil yang akurat. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru Fikih, 2 orang kepala sekolah, 12 orang siswa di MIS Kecamatan Katingan Hilir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode.

Hasil Penelitian: (1) Metode yang diterapkan di kedua sekolah ini menggunakan metode ceramah,tanya jawab dan metode penugasan, yang diberikan melalui grup di whatsapp; (2) MIS Al-Muhajir dan MIS Ar-Raudah menggunakan media visual, audio, audio visual dan memanfaaatkan media internet, seperti zoom (3) MIS Al-Muhajir dan MIS Ar Raudah menggunakan teknik evaluasi tes pilihan ganda yang dikirim melalui group WA setiap akhir materi.

Abstract

This research is based on the impact of covid-19 changing learning online (in a network) and the two schools where the research is located have uneven internet connections and learning uses the whatsapp group application, google classroom. The formulation of the problems in this research are: (1) What methods are used in the implementation of online learning in fiqh subjects during the Covid-19 pandemic in MIS, Katingan Hilir District, Katingan Regency: (2) What media are used in the implementation of online learning in subjects Jurisprudence during the Covid -19 pandemic in MIS, Katingan Hilir District, Katingan Regency and (3) How to evaluate the implementation of online learning in fiqh subjects during the COVID-19 pandemic at MIS, Katingan Hilir District, Katingan Regency.

This study uses descriptive qualitative research methods, researchers try to analyze and describe research objectively and in detail to get accurate results. The subjects of this study were 2 Jurisprudence teachers, 2 school principals, 12 students in MIS, Katingan Hilir District. Data collection techniques using observation, interview and documentation techniques. Checking the validity of the data in this study used the source triangulation technique and the method triangulation technique.

Research Results: (1) The methods applied in these two schools used lecture, question and answer and assignment methods, which were given through groups on whatsapp; (2) MIS Al-Muhajir and MIS Ar-Raudah use visual, audio, audio visual media and utilize internet media, such as zoom (3) MIS Al-Muhajir and MIS Ar Raudah use multiple choice test evaluation techniques sent through the WA group every time end of the material.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fikih ; Pembelajaran Daring ; Pelaksanaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Sep 2021 11:31
Last Modified: 06 May 2023 06:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

View Item View Item