Pendekatan whole language pada pembelajaran tematik kelas iv SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala

Putri, Heni Januart Dwi (2021) Pendekatan whole language pada pembelajaran tematik kelas iv SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Heni Januarti Dwi Putri - 1501170019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik di SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala adalah kurangnya penerapan dalam pendekatan whole language yang efektif. Keadaan tersebut harus diperbaiki dengan cara memperbaharui proses belajar mengajar. Rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Whole Language pada siswa Kelas IV SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru kelas IV selaku guru yang mengajar tematik disekolah tersebut,selaku informan yaitu guru sejawat dan siswa kelas IV. Adapan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran Tematik dengan menggunakan penerapan Whole Lengauang pada saat penelitian dilakukan guru dengan lebih memperhatikan keterampilan membaca dan menulis.

ABSTRACT
Thematic Learning at SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala is a lack of application in an effective whole language approach. The situation must be improved by updating the teaching and learning process. The problem formulation raised in this study is how thematic learning with Whole Language Approach in grade IV students of SDN 1 Pegatan Hilir Katingan Kuala.

This research uses qualitative research method. The subjects in this study were grade IV teachers as teachers who taught thematic in the school, as informants, namely fellow teachers and grade IV students. Adapan Data collection techniques through observation, interview and documentation.

The results showed that: (1) Thematic learning application using whole lengauang application at the time of the study was conducted by teachers with more attention to reading and writing skills.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:38
Last Modified: 31 Aug 2021 02:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item