Motivasi belajar peserta didik paket C di PKBM Luthfillah Palangka Raya

Maulida, Maulida (2021) Motivasi belajar peserta didik paket C di PKBM Luthfillah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Maulida - 1421111911.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Luthfillah Palangka Raya berada pada lingkungan yang beranggapan bahwa pendidikan bukanlah prioritas dalam hidup. Menjadi tantangan cukup besar bagi pengelola ataupun para Tutornya dalam mengembangkan pendidikan di lingkungan tersebut. Masih banyak ujaran bahwa ijazah tidak berguna, bahkan tidak memberikan dampak pada perbaikan taraf hidup. Miris ketika kepercayaan terhadap pendidikan hanya diukur dengan selembar ijazah saja. Namun sebesar apaupun tantangan, upaya untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan selalu dilakukan. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan alternatif pendidikan yang mampu menjawab harapan masyarakat, bahwa pendidikan dapat memperbaiki taraf hidup, atau bahkan langsung dapat dirasakan meskipun saat masih menempuh pendidikan itu sendiri, sehingga motivasi belajar peserta didik sangat diperlukan untuk menjawab harapan itu.

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik Paket C PKBM Luthfillah, 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik Paket C PKBM Luthfillah, dan 3) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik Paket C PKBM Luthfillah.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif. Subjek dalam penelitian sejumlah 10 orang peserta didik Paket C, sementara informan adalah Tutor Paket C dan Ketua PKBM Luthfillah. Pengumpulan data dalam penelitian dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dari subjek diabsahkan dengan menggunakan Triangulasi sumber. Setelah itu data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi yang dimiliki peserta didik Paket C adalah motivesi intrinsik yaitu dari dalam diri seperti minat dan keinginan peserta didik untuk mendapatkan pendidikan dan pemahaman peserta didik akan pentingnya pendidikan.. Motivasi ekstrinsik atau motivasi dari luar diri peserta didik diperoleh dengan adanya pertemuan dengan waktu pertemuan sesuai dengan kesepakatan antara peserta didik dengan tutor, dan pemberian nilai oleh para Tutor pada para peserta didik; 2) Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik Paket C antara lain bertujuan untuk memperoleh ijazah dan mencari pekerjaan yang lebih baik; dan 3) upaya yang dilakukan oleh PKBM Luthfillah untuk meningkatkan motivasi belajar Peserta didik Paket C diantaranya memberikan angka yang objektif kepada peserta didik yang dapat di up date secara online oleh peserta didik, life mapping, interpreneurship, Gathering, belajar sistem online melalui seTARA daring, dan kelas kompetensi.

Abstract

The Luthfillah Palangka Raya Community Learning Activity Center (PKBM) is in an environment where education is not a priority in life. It is a big challenge for managers or their tutors in developing education in that environment. There are still many sayings that diplomas are useless, and do not even have an impact on improving living standards. It's sad when trust in education is only measured by a diploma. However, no matter how big the challenges, efforts to foster public trust in education are always carried out. Efforts are being made to provide alternative education that is able to answer people's expectations, that education can improve living standards, or even can be directly felt even while still taking education itself, so that students' learning motivation is needed to answer those expectations.

This study aims to 1) describe students' learning motivation in PKBM Package C Luthfillah, 2) find out the factors that influence student learning motivation in PKBM Package C Luthfillah, and 3) describe the efforts made to increase student learning motivation in PKBM Luthfillah Package C.

This research is a qualitative research using descriptive. The subjects in this study were 10 Package C students, while the informants were Package C tutors and the Head of PKBM Luthfillah. Data collection in the study used observation, interviews and documentation techniques, then the data collected from the subject was validated using source triangulation. After that the data were analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.

The results showed that 1) The motivation of the students of Package C was intrinsic motives, namely from within, such as the interests and desires of students to get education and students' understanding of the importance of education. Extrinsic motivation or motivation from outside of the students was obtained by the presence of meetings with meeting times in accordance with the agreement between students and tutors, and giving grades by tutors to students; 2) Factors that influence the learning motivation of students in Package C, among others, are aimed at obtaining a diploma and looking for a better job; and 3) the efforts made by Luthfillah PKBM to increase the learning motivation of Package C students include providing objective numbers to students that can be updated online by students, life mapping, entrepreneurship, Gathering, learning online systems through online seTARA, and competency classes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 26 Aug 2021 07:08
Last Modified: 26 Aug 2021 07:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item