Dampak pelajaran online selama masa pandemi covid-19 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran hadis di MAN Kotawaringin Timur

Bayhaqi, Badrullah (2021) Dampak pelajaran online selama masa pandemi covid-19 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran hadis di MAN Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Badrullah Bayhaqi - 1501111989.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari banyaknya asumsi masyarakat terkait diberlakukannya pembelajaran online. Masyarakat berasusmsi bahwa siswa yang melaksanakan pembelajaran online memiliki minat belajar yang rendah dalam belajar karena tidak dilakukannya pembelajaran tatap muka. Namun masih ada juga beberapa siswa dengan dilakukannya pembelajaran online minat belajar siswa semakin tinggi. pada masa pandemi covid19 saat ini di MAN Kotawaringin Timur tetap melakukan kegiatan pembelajaran melalui aplikasi atau website E-learning madrasah. Kegiatan pembelajaran online dilakukan sejak awal bulan April 2020 hingga sekarang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Hadis di MAN Kotawaringin Timur? 2) Bagaimana minat belajar siswa selama masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran Hadis di MAN Kotawaringin Timur? 3) Apakah pembelajaran online selama masa pandemi covid-19 berdampak tehadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Hadis di MAN Kotawaringin Timur?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan keagamaan berjumlah 282 siswa dan sampel penelitian berjumlah 158 sampel/responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembelajaran online yang diterapkan pada mata pelajaran hadis di MAN Kotawaringin Timur yaitu melalui aplikasi atau website E-learning madrasah dan untuk tugas menghafal dilaksanakan dengan video call melalui aplikasi Whatsapp. Dari data tersebut memiliki rata-rata sebesar 3,863 termasuk kategori tinggi. 2) Minat belajar siswa yang dimaksud yaitu ketika diterapkannya pembelajaran online pada mata pelajaran hadis di MAN Kotawaringin Timur. Dari hasil angket minat belajar tersebut memiliki rata-rata sebesar 3,925 termasuk kategori tinggi. 3) Pembelajaran online tidak berdampak/berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran hadis di MAN Kotawaringin Timur. Sedangkan hasil nilai regresi koefisien X sebesar 0.085 yang artinya bahwa setiap penambahan 1% nilai Pembelajaran online (variabel X), maka nilai minat belajar (variabel Y) bertambah sebesar 0.085.

Abstract

This research is based on many public assumptions related to the implementation of onlinelearning. The community is aware that students who carry out online learning have a low interest in learning because of the lack of face-to-face learning. But there are also some students with online learning the interest in learning students is getting higher. during the current covid19 pandemic in MAN Kotawaringin Timur continues to conduct learning activities through the application or website E-learning madrasah. Online learning activities have been conducted since the beginning of April 2020 until now.

The problem formulation in this study is 1) How is online learning during the covid-19 pandemic in Hadith subjects in East Kotawaringin MAN? 2) How does students' learning interest during the covid-19 pandemic in Hadith subjects in MAN Kotawaringin Timur? 3) Does online learning during the covid-19 pandemic impact students' learning interests in Hadith subjects in MAN Kotawaringin Timur?

This research uses quantitative approach with expost factoresearch type. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. The population in this study was all students of religious majors totaling 282 students and the research sample amounted to 158 samples / respondents.

The results showed that: 1) Onlinestudy of students in hadith subjects in MAN Kotawaringin Timur has an average of 3,863 including high categories. 2) Students' interest in hadith subjects in MAN Kotawaringin Timur has an average of 3,925 including high categories. 3) Online learning has no impact / effect on students' learning interest in hadith subjects in MAN Kotawaringin Timur. While the result of the regression value of coefficient X is 0.085 which means that every addition of 1% of the value of online learning (variable X), then the value of learning interest (variable Y) increases by 0.085.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar;Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 26 Aug 2021 06:48
Last Modified: 26 Aug 2021 06:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3461

Actions (login required)

View Item View Item