Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dalam pembelajaran al-qur’an hadis pada peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya

Rahmiah, Rahmiah (2021) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dalam pembelajaran al-qur’an hadis pada peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Rahmiah - MPAI 17.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya ini didasarkan pada kenyataan bahwa belum tersedianya media pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang menggunakan macromedia flash 8. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk dapat memenuhi kebutuhan media pembelajaran khususnya Madrasah Tsanawiyah yang dalam kenyataannya pembelajaran masih bersifat konfensional, sehingga dibutuhkan sebuah inovasi baru untuk model pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan macromedia flash 8. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengembangan media pembelajaran dengan macromedia flash 8 dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya dan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas pada produk pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 tersebut.

Dalam penelitian pengembangan ini, model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemention, Evaluation) dan prosedur pengembangan menggunakan R&D Borg dan Gall yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan, 2) perencanaan, 3)pengembangan produk, 4) uji lapangan awal, 5) revisi roduk awal, 6) uji lapangan lanjut, 7) revisi produk operasional, 8) uji lapangan operasional, 9) uji lapangan akhir. Sedangkan subjek uji coba terdiri atas ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan peserta didik kelas VII di MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash 8 dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya, (2) produk pengembangan ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan penilaian guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sebesar 94 (sangat baik), tanggapan peserta didik kelas VII MTs Muslimat NU Palangka Raya pada uji coba individu sebesar 89 (baik), kelompok kecil sebesar 90 (sangat baik) dan kelompok besar 91 (sangat baik). Adanya peningkatan hasil belajar sebesar 24 % hal ini didasarkan dari hasil prre-test dan post-test dengan jumlah skor 2140 – 2660 . merujuk pada hasil uji beda sebesar 0,000 < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test setelah menggunakan media pembelajaran dengan macromedia flash 8. Dari hasil tersebut, hasil pengembangan dapat dikatakan sudah memenuhi unsur kebutuhan pembelajaran, khususnya pada media pembelajaran.

Abstract

Learning media development using Macromedia Flash 8 in Al-Qur’an Hadist learning on Seventh Grade students at Mts Muslimat NU Palangka Raya based on reality that still not available Al-Qur’an Hadist learning media that use Macromedia Flash 8. This research result be intended to fulfill learning media need especially Madrasah Tsanawiyah that in reality the learning still conventional, so need a new innovation for learning model which applied using Macromedia Flash 8. This research objectives were to described how was learning media development using Macromedia Flash 8 in Al-Qur’an Hadist learning on seventh grade students at MTs Muslimat NU Palangka Raya and to described how was the effectiveness on learning media development product using Macromedia Flash 8.

This development research used ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) model and development procedure used R&D Borg and Gall were : 1) early research and collecting, 2)planning, 3) product development, 4) Early field test, 5) early product revision, 6) advance field test, 7) operational product revision, 8) operational field test, 9) final field test. While try out subjects were material expert, media expert, Al-Qur’an Hadist subject teacher and seventh grade students at MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Development research result were (1) Produced learning media product used Macromedia Flash 8 in Al-qur’an Hadist learning on seventh grade students at MTs Muslimat NU , (2) This development product has been proven effective to increase students learning outcome which based on on result questionnaire that got evaluation response from Al-Qur’an Hadist subject teacher in the amount 94 (very good), response from seventh grade students on individual try out in the amount 89 (good), small group in the amount 90 (very good) and big gropu in the amount 91 (very good). There was an increase learning outcome in the amount 24% this thing based on pre-test and post test result with total score 2140-2660. Make reference on result test the different in the amount 0.000<0.05 so there was different significant between pre-test and post-test average score after used learning media with Macromedia Flash 8. From that result, development result can be said already fulfill learning need element, especially on learning media.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Macromedia Flash 8; Pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 25 Aug 2021 08:17
Last Modified: 25 Aug 2021 08:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item