Sikap siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan E-Learning berbasis WEB mata pelajaran al-qur’an hadits di MA Rauhdatul Jannah

Wahyuningsih, Sri (2021) Sikap siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan E-Learning berbasis WEB mata pelajaran al-qur’an hadits di MA Rauhdatul Jannah. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sri Wahyuningsih- 1701112147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sikap adalah suatu kecenderungan pikiran, perbuatan, dan tindakan seseorang yang berdasarkan pada pendirian dan keyakinan yang dimilikinya untuk bertingkah laku yang ditunjukkan ke arah objek khusus. Sikap siswa kelas XI di MA Rauhtaul Jannah Palangka Raya sedikit kurang baik, yaitu terkadang siswa tidak mengikuti pembelajaran daring menggunakan e-learning berbasis web, terkadang sedikit terlambat dalam mengikuti pembelajaran daring menggunakan e-learning berbasis web dan juga terkadang sedikit terlambat dalam mengumpulkan tugas. Sikap diperlukan dalam pembelajaran karena sikap mempengaruhi proses pembelajar dan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) sikap siswa terhadap proses pembelajaran e-learning berbasis web, dan 2) kendala dan solusi dari pembelajaran daring menggunakan e-learning berbasis web mata pelajaran al-Qur’an Hadits.

Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods, subjeknya adalah 20 siswa kelas XI dan guru MA Raudhatul Jannah Palangka Raya sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi, teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan presentase tabulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) sikap siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan e-learning mata pelajaran al-Qur’an Hadits dari komponen kognitif sebesar 80% termasuk kategori baik, dari komponen afektif sebesar 60% termasuk kategori cukup baik dan komponen konatif sebesar 55% termasuk kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan sikap siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan e-learning berbasis web mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah baik dengan presentase 65%. 2) adapun kendala pembelajaran daring menggunakan e-learning mata pelajaran al-Qur’an Hadits adalah a) kendala jairngan, b) kendala memahami materi atau pokok bahasan, sedangkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah a) mencari jaringan yang kuat, b) mencari referensi lain, c) alternatif aplikasi pembelajaran, d) alternatif pengumpulan tugas, e) stimulus kepada siswa.

Abstract

Attitude is thoughts, deeds and action of human being or sameone’s stance based on their belief they have to behave that is shown to specific object. The attitude of class XI students at MA Rauhtaul Jannah Palangka Raya is a little less good, that is, sometimes students don't take online learning using web-based e-learning, sometimes it's a little late in taking online learning using web-based e-learning and sometimes it's a little late in collecting assignments. Attitude is required in learning as attitude influence to learning process and an encouragement to the students. The recearch aimed to know 1) the students attitude toward e-learning process via web, and 2) the problems and the solutions in online learning using web e-learning based on subject al-Qur’an Hadits.

The design of this research is mixed methods. The subject 20 was the ninth grades students and teachers of MA Raudhatul Jannah Palangka Raya as an inormant. The teachique of collecting daata used questionnaire, interview, and documentation. And the data validation techniques used source triangulation and tabulated presentation, whereas the data analyze technique used data reduction, presentation of data and verification.

The result of the research showed that 1) students’ attitudes towards online learning using e-learning in the subject of al-Qur’an Hadits from the cognitive compponent are 80% in the good catefory, from the affective component by 65% including the good category and the conative component by 55% including the good enough category. So, it can be concluded that the overall attitude of students towards online learning using web-based e-learning in the subject of al-Qur’an Hadits is good with a percentage of 64%. 2) as for the constraints of online learning using e-learning in the subject of al-Qur’an Hadits are a) network constraints, b) constraints in understanding the material or subject matter, while the solutions that can be used to overcome these obstacles are a) looking for a strong network, b) looking for other reference, c) alternative learning applications, d) alternative collection of assignments, e) stimulus to students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa; Pembelajaran Daring; E- Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 24 Aug 2021 12:29
Last Modified: 24 Aug 2021 12:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item