Strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLBN 1 Palangka Raya

Ulum, Muhammad Izan Miftahul (2021) Strategi pembelajaran guru pendidikan agama islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLBN 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhammad Izan Miftahul Ulum- 1701112239.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran perlu strategi khusus. Apalagi dalam hal ini tentang praktik shalat pada anak tunadaksa. Anak tunadaksa merupakan anak yang memiliki gangguan pada gerak. Oleh karnanya anak tunadaksa memerlukan arahan dan bimbingan dari guru agar sekiranya mampu memahami pembelajaran praktik shalat sesuai dengan kondisi yang dialaminya. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam, (2) mengetahui apa saja kendala, serta (3) mendeskripsikan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI, sedangkan informannya adalah kepala sekolah dan siswa tunadaksa, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik, adapun analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam praktik ibadah shalat pada anak tunadaksa di SLBN 1 Palangka Raya menggunakan strategi pembelajaran individual yang terdiri: (a) perencanaan, meliputi: penyusunan RPP dan PPI serta sumber belajar. (b) Pelaksanaan, meliputi: guru menggunakan strategi individual dan bersifat face to face, metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah demonstrasi, ceramah , tanya jawab, perintah dan pengulangan, sedangkan medianya meliputi vidio shalat, gambar-gambar tentang praktik shalat, dan bacaan-bacaan shalat. (c) evaluasi guru melalui tes dan non tes. Untuk 2) kendala guru dalam proses pembelajaran yaitu: pembelajaran secara daring, sarana dan prasarana, serta guru kurang memegang kendali sepenuhnya dalam mengatur keaktifan siswa. Sedangkan 3) solusinya guru dalam pembelajaran yakni: pembelajaran Luring (luar jaringan), vidio tutorial, serta dampingan orang tua.

Abstract

The learning process needs a special strategy. Especially in this case about the practice of praying in children with disabilities. Deaf children are children who have impaired mobility. Therefore, children with disabilities need guidance and guidance from the teacher so that if able to understand the learning of prayer practices in accordance with the conditions experienced. Therefore, the purpose of this research is (1) describe the learning strategy of Islamic Religious Education teachers, (2) know what are the constraints, and (3) describe the solution of Islamic Religious Education teachers in the practice of prayer in children with disabilities.

This type of research is qualitative with a descriptive approach. The subject of this study is pai subject teacher, while the informant is the principal and students are deaf, data collection is done through observation, interview, and documentation, the validity of the data is done using triangulation of sources and techniques, while data analysis is done by collecting data, reducing data, presenting and drawing conclusions.

The results showed that, 1) the learning strategy of Islamic Religious Education teachers in the practice of prayer in children with disabilities in SLBN 1 Palangka Raya using individual learning strategies consisting of: (a) planning, including: the preparation of RPP and PPI as well as learning resources. (b) Implementation, including: teachers using individual strategies and face to face, methods used in learning are demonstrations, lectures, questions and answers, commands and repetitions, while the media includes prayer videos, pictures of prayer practices, and prayer readings. (c) evaluation of teachers through tests and non-tests. For 2) teacher constraints in the learning process, namely: online learning, facilities and infrastructure, and teachers are not in complete control in regulating student activity. While 3) the solutions teachers in learning are: Offline learning (offline), video tutorials, and parental assistance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunadaksa;Pendidikan Agama Islam;Strategi Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 23 Aug 2021 07:15
Last Modified: 23 Aug 2021 07:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item