Konsistensi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran fiqih di MA Muslimat NU Kota Palangka Raya

Halim, Ferdana (2021) Konsistensi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran fiqih di MA Muslimat NU Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ferdana Halim - 1601112066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari temuan peneliti di MA Muslimat NU Kota palangka Raya banyak guru yang mengajar di dalam kelas tidak berpedoman dengan perencanaan yang telah disusun oleh guru, terlebih dalam mata pelajaran Fiqih, yang mana mata pelajaran Fiqih ini adalah mata pelajaran yang mengajarkan siswa tentang bagaimana menajalankan syariat agama dalam kehidupan sehari-hari, dan juga tidak semua siswa Madrasah Aliyah Muslimat NU kota Palangka Raya ini berasal dari Madrasah Tsanawiyah yang dulunya pernah belajar mata pelajaran Fiqih secara Khusus, jadi mereka yang berasal dari SMP belum pernah mendapatkan pelajaran Fiqih, sehingga mata pelajaran Fiqih adalah mata pelajaran baru bagi mereka. Penelitian inimemiliki rumusan masalah sebagai beriukut; (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Fikih di MA Muslimat NU Kota Palangka Raya? ; (2) Apakah Konsistensi RPP yang telah ditetapkan dengan Pelaksanaan Pembelajaran oleh guru Fiqih di Sekolah MA Muslimat NU Kota Palangka raya? ; (3) Apa saja kendala/hambatan yang guru hadapi ketika melaksanaan Pembelajaran Fiqih di MA Muslimat NU Kota Palangka Raya?.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis Kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah sebanyak dua pertemuan yang diberikan lembar observasi untuk diteliti, kemudian Objek penelitian adalah RPP guru dalam mengerjakan pembelajaran fiqih. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik , observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data secara kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) RPP dibuat bersama-sama oleh guru di MA Muslimat NU sudah mencakup berbagai komponen-komponen yang telah ditentukan dalam Kurikulum 2013. (2) Guru tidak konsisten dalam melaksanakan RPP yang sudah direncanakan sebanyak 2 pertemuan saja oleh 2 orang gurudengan menggunakan lembar observasi yang sudah ada. (3) Kendala/hambatan guru dalam melaksanakan RPP terdapat beberapa siswa yang tidak aktif di dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang dianggap kurang maksimal masih bersifat satu arah atau tidak ada timbal balik, alokasi waktu yang terbatas, dan terkadang terkendala masalah teknis yaitu berupa jaringan/paket data yang terkena gangguan saat mengikuti proses pembelajaran Fiqih.

Abstract

This research departs from the findings of researchers at Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City, many teachers who teach in the classroom are not guided by the plans that have been prepared by the teacher, especially in the Jurisprudence subject, which is a subject that teaches students how to carry out religious law in everyday life, and also not all students of the Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City come from Madrasah Tsanawiyah which used to study special fiqh subjects, so those from junior high schools have never received jurisprudence lessons, Jurisprudence was a new subject for them. This study aims to describe; (1) Planning for Jurisprudence Lessons at Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City; (2) the consistency of the lesson plans that have been determined by the implementation of learning by the Jurisprudence teachers at the Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City; (3) constraints / obstacles that teachers face when implementing RPP in the implementation of Jurisprudence Learning at Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City.

The method used in this research is descriptive qualitative field research. The research subjects were 2 teachers who were given observation sheets to be researched, then the object of the research was the teacher's lesson plan in doing jurisprudence learning. Data collection techniques using techniques, observation, interviews, and documentation. The data validation used triangulation technique. The data analysis technique uses qualitative data analysis.

The results of this study indicate that: (1) The planning made jointly by the teachers at Senior High School Muslimat NU Palangka Raya City includes various components that have been determined in the 2013 Curriculum. (2) Based on the results of the research that the author got, the teacher was inconsistent in implementing the planned lesson plans for 4 meetings using existing observation sheets. (3) Constraints / obstacles that affect teacher consistency in implementing RPP, students who are not active in learning, the material presented is only fleeting without any further explanation from the teacher because through E Learning media, learning methods that are considered less than optimal are still one-way or there is no reciprocity, limited time allocation, and are constrained by technical problems, namely in the form of networks the data package that students use when men follow the Jurisprudence learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran; Perencanaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 16 Aug 2021 11:51
Last Modified: 20 Jan 2023 01:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item