Deviana, Deviana (2015) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perpindahan kalor di Kelas X SMAN 4 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak DV.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I DV.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III DV.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV DV.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DV.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI DV.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan keterampilan proses dibandingkan dengan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi perpindahan kalor, (2) Faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam penerapan pendekatan keterampilan proses dan pendekatan konvensional.
Penelitian ini menggunakan model rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengamatan pengelolaan guru, lembar pangamatan aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil uji coba THB pada kelas X-6 dari 44 soal didapatkan 15 butir yang dinyatakan valid dan 29 butir soal yang dinyatakan tidak valid, dengan harga validitas minimum 0,300 karena dipandang sebagai soal yang baik. Reliabilitas yang dihitung dengan rumus Spearman Brown terdapat 22 butir soal yang reliable dan 22 butir soal tidak reliable.
Sedangkan reliabilitas secara keseluruhan butir soal diperoleh 0,592 dengan kategori cukup baik. Populasi penelitian adalah kelas X semester 2 SMAN 4 Palangka Raya Tahun Ajaran 2013/2014, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data THB pre-test dan post-test menggunakan program SPSS versi 17.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang belajar di kelas eksperimen menggunakan pendekatan keterampilan proses memiliki nilai rata-rata 42,49 sementara siswa yang belajar di kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional memiliki nilai rata-rata 41,70. Analisis uji hipotesis pada pre-test, post-test, gain dan N-gain menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses di kelas eksperimen dibandingkan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional di kelas kontrol pada taraf signifikansi 0,05. (2) Analisis faktor penunjang pada kelas eksperimen dan kontrol adalah siswa berperan aktif selama pembelajaran dan sebagian siswa berminat untuk belajar fisika. Analisis faktor penghambat pada kelas eksperimen dan kontrol adalah peralatan praktikum di sekolah kurang lengkap dan banyak sosialisasi dari luar sehingga menghambat pembelajaran.
ABSTRACT
Research aims to determine (1) There is a difference whether learning outcomes of student who are taught to approach the process skills compared to student who were taught with conventional approaches to the material of heat transfer. (2) Contributing factors and obstacles in the implementation process skills approach and the approach conventional.
This research uses design model Pretest-Postest Control Group. Instrumen used are tests of cognitive learning outcomes of student, teacher sheet management, student activity observation sheet and questionnaire respon of student. THB trial result in X-6 class of 44 about to come 15 item were declared invalid, the validity of the minimum 0,300 because it is seen as a matter of good. Reliability is calculated using Spearman Borwn there are 22 items that are reliable and 22 items were not reliable.While the overall reliability was obtained 0,592 items by category quite well. The population is half of class X 2 SMAN 4 Palangka Raya academic year 2013/2014, the study sample was a class X MIPA 1 amounted to 37 people as an experimental and class X MIPA 3 the control class. THB data analysis pretest and posttest using SPSS version 17.0 fpr windows.
Result of the study showed that: (1) the students who learning at experiment class by using process skill approach had mean score on 42,49, while the students who learnt at control class by using conventional approach had mean score on 41,70. The hypothesis analysis test of pretest, posttest, Gain and N-Gain showed that there is no significant difference between the students who tought by using process skill approach at control class where it was on the significant level of 0,05.(2) Analysis of supported factors at experiment and control classes were the student had active roles during teaching learning activity and some of students intered in learning physics. The prevented factors at experimented and control classes were incomeplete practicum tools which had by school and there were some socialization came from outside of school which then prevented the teaching learning activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pendekatan keterampilan proses; hasil belajar;faktor penunjang dan penghambat. |
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 08:10 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 08:10 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/339 |
Actions (login required)
View Item |