Pemikiran al-ghazali tentang pendidik dan peserta didik dalam kitab ihya’ ulumuddin

Latifah, Siti Nur (2021) Pemikiran al-ghazali tentang pendidik dan peserta didik dalam kitab ihya’ ulumuddin. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi SITI NUR LATIFAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertolak dari pendidikan di zaman modern dengan segala kemajuannya. Khususnya dari teknologi yang serba canggih. Termasuk penggunaan internet di kalangan peserta didik. Tidak sedikit dari peserta didik yang tidak mampu menyaring informasi yang didapatnya. Sehingga tidak mengetahui apakah yang dilakukannya atau dicontohnya adalah perbuatan yang baik. Karena sebab ini terjadilah penyimpangan-penyimpangan perilaku pada peserta didik. Yang mana akhlak dan sopan santun sudah mulai merosot. Oleh karena itu di dalam dunia pendidikan khususnya, peran pendidik sangat dibutuhkan untuk membimbing dan menuntun peserta didik. Maka, pendidik harus memiliki karakter yang ideal agar ia menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemikiran al-Ghazali tentang pendidik dalam kitab Ihya’ Ulumuddin. 2) Bagaimana pemikiran al-Ghazali tentang peserta didik dalam kitab Ihya’ Ulumuddin. Sedangkan penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui pemikiran al-Ghazali tentang pendidik dalam kitab Ihya’ Ulumuddin ? 2). Untuk mengetahui pemikiran al-Ghazali tentang peserta didik dalam kitab Ihya’ Ulumuddin ?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (library research atau penelitian kepustakaan) dengan pedekatan kajian tokoh, yang mana penulis lebih banyak menghabiskan penelitian dengan sumber literatur baik berupa buku, jurnal, artikel maupun internet. Dengan pendekatan kajian tokoh memungkinkan penulis untuk mengkaji biografi, pemikirannya, maupun karya-karya dari tokoh tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidik menurut al-Ghazali yaitu selalu berusaha medekatkan diri kepada Allah SWT demi menolong agama-Nya. Mengajar dengan niat untuk kepentingan akhirat yaitu mencari keridhaan Allah SWT semata. Seantiasa megingatkan peserta didikya kepada kebaikan apapun terutama untuk kebaikan akhiratnya. Yang paling penting bagi pendidik ialah mengenalkan peserta didiknya untuk mengenal Allah SWT atau ma’rifatullah. Kemudian, seorang pendidik harus menghiasi dirinya dengan sifat-sifat terpuji sebagaimana tercantum di dalam tugas-tugas pendidik diataranya ialah sifat kasih sayang, lemah lembut, ikhlas, tawadhu serta keteladanan yang baik. 2) Peserta didik ialah orang yang mensucikan jiwanya dari sifat-sifat tercela, menjauhi keduniaan agar memfokuskan diri dalam menuntut ilmu, tidak bersikap sombong kepada pendidiknya tetapi harus memuliakan dan menghormati mereka serta memiliki sikap tekun, kerja keras, pantang menyerah. Itulah tugas-tugas yang harus dipatuhi peserta didik agar terciptanya keserasian antara pendidik dan peserta didik dalam mewujudkan pembelajaran yang berhasil.

ABSTRACT

This research departs from education in modern times with all its advances. Especially from the all-sophisticated technology. Including the use of the internet among students. Not a few of the students were unable to filter the information they got. So that they do not know whether what they do or imitate is a good deed. Because of this reason, there were behavioral deviations in students. Which morals and manners have started to decline. Therefore, in the world of education in particular, the role of educators is needed to guide and guide students. So, educators must have ideal character so that they become role models for their students.

The problems in this research are: 1) How is al-Ghazali's thought about educators in the book Ihya 'Ulumuddin. 2) How is al-Ghazali's thoughts about students in the book Ihya 'Ulumuddin. While this research aims: 1). To find out al-Ghazali's thoughts about educators in the book Ihya 'Ulumuddin? 2). To find out al-Ghazali's thoughts about students in the book Ihya 'Ulumuddin?

This study uses a qualitative method (library research or library research) with a character study approach, in which the author spends more research with literature sources in the form of books, journals, articles and the internet. Using a character study approach allows the writer to study the biography, thoughts, and works of the character.

The results showed that: 1) Educators according to al-Ghazali are always trying to get closer to Allah SWT in order to help His religion. Teaching with the intention of only seeking the pleasure of Allah SWT. Always remind students of any good, especially for the good in the hereafter. The most important thing for educators is to introduce their students to know Allah SWT or ma'rifatullah. Then, an educator must adorn himself with praiseworthy qualities as stated in the educator's duties, including the qualities of affection, gentleness, sincerity, humble and good example. 2) Students are people who purify their souls from despicable traits, stay away from worldliness in order to focus on studying, do not be arrogant to their educators but must honor and respect them and have a diligent, hard work, never give up. Those are the tasks that must be obeyed by students in order to create harmony between educators and students in realizing successful learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidik, Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Aug 2021 08:00
Last Modified: 10 Aug 2021 08:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3383

Actions (login required)

View Item View Item