Strategi bisnis produk gula aren di Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan

Ma'Arif, Samsul (2020) Strategi bisnis produk gula aren di Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Samsul Ma'Arif - 1604120520.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat sebuah komoditas yang dihasilkan dari perkebunan salah satunya adalah Aren. Aren dapat diolah menjadi bahan yang penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya pengolahan aren menjadi gula merah. Berawal dari sinilah peneliti ingin mengatahui bagaimana strategi bisnis yang digunakan untuk mengembangkan produknya, dan bagaimanakah kendala yang dihadapi mereka dalam upaya melakukan mengembangkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bersaing yang digunakan oleh petani gula Aren dalam mengembangkan produknya, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalin kerjasama untuk mengembangkan produknya.

Penelitian ini merupakan penelitian studi lapangan dengan atau dengan kata lain penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang diujikan bukan dalam bentuk angka-angka melainkan dalam bentuk laporan uraiandeskriptif dengan pola pikir induktif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah sebagai bahan untuk pengumpulan data. Yang menjadi sunjek dari penelitian ini ialah para petanu gula Aren yang masih aktif dalam memproduksi gula yang sudah dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dijalankan oleh petani Gula Aren adalah strategi defernsiasi, dimana mereka melakukan sebuah pembeda agar produk yang produksi memiliki daya Tarik tersendiri sehingga menjadikan konsumen memiliki sensitifitas khusus terhadap produknya. Kemudian kendala yang dihadapi ialah kurangnya sebuah kekonsistenan dalam memproduksi sebuah produk.

ABSTRACT

There is a commodity produced from plantations, one of which is Aren. Palm sugar can be processed into important ingredients in meeting people's needs, one of which is the processing of palm sugar into brown sugar. Starting from here researchers want to know how the business strategies used to develop their products, and how the obstacles they face in an effort to develop their products. This study aims to find out how the competitive strategies used by palm sugar farmers in developing their products, and to determine the obstacles faced in establishing cooperation to develop their products.

This research is a field study with or in other words qualitative research. This study uses a descriptive qualitative approach, namely the analysis of the data tested not in the form of numbers but in the form of descriptive description reports with inductive thought patterns. Observations, interviews, and documentation are material for data collection. The gossip of this research is the sugar palm farmers who are still active in producing sugar that has been selected based on specified criteria.

The results showed that the strategy carried out by palm sugar farmers was a strategy of defernation, where they made a distinction so that products that produced products had their own appeal so that consumers had a special sensitivity to their products. Then the obstacle faced is the lack of consistency in producing a product.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Aug 2021 01:34
Last Modified: 07 Aug 2021 01:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3369

Actions (login required)

View Item View Item