Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTS Raudhatul Jannah Palangka Raya

Lisda, Niki (2020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTS Raudhatul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Niki Lisda - 1501160006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tenaga pendidik atau guru merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, karena guru berhadapan langsung dengan siswa, sehingga kunci keberhasilan pendidikan di madrasah ditentukan oleh guru. Maka dari itu kompetensi guru perlu diperhatikan karena merupakan salah satu kunci utama dalam menghasilkan guru yang berkualitas dan memberikan pembelajaran yang berkualitas pula bagi siswanya. Dalam meningkatkan kompetensi guru maka ini adalah tugas kepala madrasah.

Untuk menjawab permasalahan diatas, maka peneliti mengkaji persoalan tentang Perencanaan dan pelaksanaan program kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan dan pelaksanaan program kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru-guru. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, untuk menguji terhadap berbagai teknik dan sumber. Kemudian data dianalisis dengan 4 tahapan yaitu: Data collection, data Reduction, data Display dan data Conclosions.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala madrasah dalam merencanakan program untuk meningkatkan kompetensi guru belum dirumuskan secara khusus, tetapi program yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru terdapat dalam program kerja tahunan kepala madrasah. Adapun program yang terdapat di dalam programnya ialah melakukan pemeriksaan RPP terhadap guru-guru, memeriksa kehadiran guru-guru setiap hari, memeriksa administrasi guru-guru setiap bulannya. 2) Pelaksanaan program untuk meningkatkan kompetensi guru dilaksanakan mengacu pada program kerja tahunan kepala madrasah. Untuk supervisi dilaksankan 1 tahun sekali, dan pemberian motivasi dilaksanakan ketika kepala sekolah dan guru-guru mengadakan pertemuan yang biasanya pada rapat yang dilaksanakan 1 bulan sekali. Kepala madrasah juga memperhatikan ketertiban administrasi guru mulai dari RPP dan silabus, yang mana kepala madrasah melakukan pemeriksaan setiap hari untuk program pembelajaran pada satuan pelajaran, dan memeriksan administrasi guru setiap sebulan sekali mulai dari awal tahun ajaran sampai akhir tahun ajaran.

ABSTRACT

Educators or teachers are one important component in improving the quality of education, because teachers deal directly with students, so the key to success in education in madrasas is determined by the teacher. Therefore teacher competency needs to be considered because it is one of the main keys in producing quality teachers and providing quality learning for their students. In improving teacher competency, this is the task of the madrasa head.

To answer the above problem, the researcher examines the issue of the planning and implementation of the madrasa head program in improving teacher competency. The purpose of this study is to analyze the planning and implementation of the madrasa head program in improving teacher competence in MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya.

This research uses qualitative research. Data sources from this study are the headmaster of madrasa and teachers. In collecting data this study used interview, observation and documentation techniques. As for ensuring the validity of the data researchers use triangulation, to test various techniques and sources. Then the data were analyzed with 4 stages, namely: Data collection, data reduction, data display and data conclusions.

Based on the results of the study show that: 1) madrasa head in planning programs to improve teacher competency has not been specifically formulated, but the program that has been implemented to improve teacher competency is contained in the annual madrasah head work program. The program contained in the program is to examine the RPP of the teachers, checking the attendance of the teachers every day, checking the administration of the teachers every month. 2) Implementation of the program to improve teacher competence is carried out referring to the annual work program of the madrasa head. Supervision is carried out once a year, and providing motivation is carried out when the principal and teachers hold a meeting which is usually at a meeting held once a month. The madrasa head also observes the administrative order of the teacher starting from the RPP and syllabus, which the madrasa head conducts checks every day for the learning program in the unit of study, and checks the administration of the teacher once a month starting from the beginning of the school year to the end of the school year.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Aug 2021 02:07
Last Modified: 04 Aug 2021 02:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3353

Actions (login required)

View Item View Item