Jannah, Mariatul (2020) Strategi pedagang dalam mempertahankan usaha (studi kasus pada Pasar Baru A Kota Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Mariatul Jannah - 1604120492.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memuat strategi pedagang dalam mempertahankan usaha di Pasar Baru A, Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Baru A pada 16 Agustus 2016. Strategi yang efektif dan efisien dalam menjalankan usaha sangat penting terutama saat menghadapi kendala. Penerapan strategi yang tepat dapat memperkecil risiko kerugian dan memperluas jangkauan pemasaran serta dapat mempertahankan kelangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pedagang dalam mempertahankan usaha pasca kebakaran yang terjadi tahun 2016 di Pasar Baru A Kota Palangka Raya. Kemudian yang kedua untuk menganalisis bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang strategi pedagang di Pasar Baru A Kota Palangka Raya pasca kebakaran yang terjadi tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan metode studi kasus. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berdasarkan kriteria tertentu sehingga subjek dari penelitian ini adalah sembilan orang pedagang Pasar Baru A dan informan adalah tiga orang pengurus Pasar Baru A serta tiga orang pembeli di Pasar Baru A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang ada.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pedagang Pasar Baru A dapat mempertahankan usaha dengan menerapkan strategi manajemen pemasaran berupa menjual produk yang beragam, harga terjangkau, tempat yang lebih nyaman dan melakukan berbagai promosi. Dalam strategi manajemen risiko para pedagang cepat beradaptasi dengan keadaan, melakukan berbagai tindakan antisipasi kebakaran dan mengelola keuangan usaha dengan cermat. Kemudian yang kedua, strategi yang dilakukan pedagang Pasar Baru A pasca kebakaran ditinjau dari perspektif ekonomi Islam telah sesuai dengan strategi manajemen pemasaran dalam Islam dengan bersifat jujur pada produk, bersifat adil dalam penetapan harga, tempat lebih rapi dan jujur dalam promosi. Dalam strategi manajemen risiko telah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam dengan tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak serta melakukan perencanaan usaha dengan lebih baik.
Abstract
This study contains the retailer strategy in sustainable business in Pasar Baru A, Palangka Raya city. This study is motivated by the fire that occurred in Pasar Baru A, Palangka Raya city on August 16, 2016. An effective and efficient strategy in running a business was very important, especially when faced obstacles. Applying the right strategy can reduce the risk of losses and expand marketing reach and can sustain business continuity. This study was aimed to analyze how is the retailer strategy in sustainable post-fire business that occurred in 2016 in Pasar Baru A, Palangka Raya city. The second, to analyze how is the perspective of the Islamic economy about retailers’ strategies in Pasar Baru A, Palangka Raya city after the fire that occurred in 2016.
This study was a field research using descriptive qualitative research methods and case study methods. The sampling technique uses purposive sampling technique based on the certain criteria so that the subjects of this study were nine retailer of Pasar Baru A and supported by three informants from administrator of Pasar Baru A, and three buyers in Pasar Baru A. The data collection techniques in this study were observation, interview and documentation techniques. The data validation technique uses source triangulation by collecting data and similar information from various existing sources.
The results of this study showed that the first, Pasar Baru A retailers can sustainable their business by implementing a marketing management strategy in the form of selling a variety of products, affordable prices, a more comfortable place and conducting various promotions. In a risk management strategy retailer was quickly adapt to the situation, take various fire anticipation measures and manage business finances accurately. Then the second, the strategy carried out by Pasar Baru A retailers after the fire viewed from an Islamic economic perspective has been appropriate with the Islamic marketing management strategy by being honest with products, fair in pricing, tidier place and be honest in promotions. The risk management strategy has been appropriate with the Islamic economic perspective by not justifying any means to get more profit and to carry out better business planning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usaha; Pasca Kebakaran;Strategi; Pedagang |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 05:46 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 05:46 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3327 |
Actions (login required)
View Item |