Perilaku tantrum pada anak usia Taman Kanak - Kanak di Kota Palangka Raya

Salamah, Umi (2019) Perilaku tantrum pada anak usia Taman Kanak - Kanak di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Umi Salamah - 1501180015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Anak merupakan karunia dan amanah Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki potensi yang perlu ditumbuh kembangkan seluas-luasnya secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial-emosional. Tantrum merupakan suatu prilaku anak berupa suatu ledakan emosi yang kuat sekali, disertai rasa marah, serangan agresif, menangis, menjerit-jerit, menghentak-hentakkan kedua kaki dan tangan pada lantai atau tanah.

Berangkat dari hal tersebut maka msalah yang diangkat dalam penelitian adalah adal bagaiman ciri-ciri perilaku tantrum pada anak usia TK di Kota Palangka Raya, bagaimana faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku tantrum pada anak usia TK di Kota Palangka Raya, bagaiman cara menangani perilaku tantrum pada anak usia TK di Kota Palangka Raya.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah dua orang anak dengan prilaku tantrum pada dua sekolah yang berbeda dan kepala sekolah serta guru pendamping pada masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian teknik pengabsahan data menggunakan tri angulasi teknik dan tri angulasi sumber. Sedangkan teknik analisi data pada penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verivikasi data.

Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) ciri-ciri anak tantrum yaitu mudah marah (memaki, teriak, menangis, dan memukul), suka mengamuk seperti memecahkan barang dengan sengaja, menghentak-hentakkan kaki, berteriak teriak, meninju, membanting pintu dan merengek, suka menyakiti diri sendiri disertai dengan menjatuhkan badan ke lantai, mcmukul-mukulkan tangan, membentur-benturkan kepala dan melempar-lempar barang. 2) Faktor penyebab munculnya prilaku tantrum pada anak dikarenakan terhalangnya keinginan anak untuk mendapatkan sesuatu serta pola asuh orang tua yang salah. 3) Upaya yang dilakukan guru dalam menangani anak tantrum yaitu menghindari penyebab tantrum dan mengalihkan perhatian anak, tetap tenang dalam menghadapi anak yang sedang mengekspresikan tantrum, memberi sentuhan yang lembut dengan pelukan kuat dan berbicara dengan tenang, memberi instruksi yang sederhana dan jelas untuk meredakan tantrumnya, memuji dan memberi hadiah bila anak berprilaku baik, menyediakan aktivitas yang menyenangkan.

Abstract

Education is a conscious and planned effort that aims to educate the nation's life so that it becomes a quality human resource. Children are a gift and the mandate of Allah SWT, because they have the potential that needs to be developed to the maximum extent optimally, both physically, mentally and socially-emotionally. Tantrums are a child's behavior in the form of a very strong emotional outburst, accompanied by anger, aggressive attacks, crying, screaming, stomping both feet and hands on the floor or ground.

Departing from this, the problem raised in this research is how the characteristics of tantrnm behavior in kindergarten age children in Palangka Raya City, how the factors that cause tantrum behavior in kindergarten age children in Palangka Raya City, how to deal with tantrum behavior in children kindergarten age in Palangka Raya City.

The research method uses descriptive qualitative method, with the subject of the study are two children with tantrum behavior at two different schools and the principal and accompanying teacher at each school. Data collection techniques using interview techniques, observation and documentation and then data validation techniques using triangulation techniques and source triangulation. While the data analysis technique in this study was carried out in four stages namely data collection, data reduction, data display, and data. verification.

The results showed that 1) the characteristics of tantrum children are irritability (cursing, screaming, crying, and hitting), like to throw a tantrum like breaking things on purpose, stomping feet, screaming, punching, slamming doors and whining, like self-harm is accompanied by dropping onto the floor, banging hands, banging heads and throwing things. 2) Factors causing the emergence of. tantrum behavior in children due to obstruction of children's desire to get something and parenting wrong parents. 3) The efforts made by the teacher in dealing with tantrum children are avoiding the causes of tantrums and distracting children, staying calm in dealing with children who are expressing tantrums, giving soft touches with strong hugs and speaking calmly, giving simple and clear instructions to relieve their tantrums, praise.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usia; Taman Kanak-kanak;Perilaku Tantrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:25
Last Modified: 29 Jul 2021 05:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item View Item