Pengembangan media pembelajaran roda pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di MI

Chalimah, Chasifatul (2020) Pengembangan media pembelajaran roda pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di MI. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Chasifatul Chalimah - 1601170039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa ditingkat sekolah dasar yang dihadapkan dengan fobia bahwa pembelajaran matematika itu menakutkan dan mencemaskan, kurangnya minat belajar siswa dan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran. Melihat dari permasalahan tersebut, maka perlu adanya media yang sesuai dengan materi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran roda pintar mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V MI? (2) Bagaimana kelayakan produk media pembelajaran roda pintar mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V MI ?

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran roda pintar mata pelajaran matematika sub materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V MI. (2) Mengetahui kelayakan produk media pembelajaran roda pintar mata pelajaran matematika sub materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut tidak sama di kelas V MI.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket (ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil). Data dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media roda pintar yang dikembangkan telah memenuhi syarat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh jumlah rata-rata 4,8 dengan kategori “Sangat Baik”. Presentase kelayakannya 96% kriteria “Sangat Layak”. Penilaian ahli media diperoleh 53 dengan rerata 4,4 kategori “Sangat Baik” dan jumlah presentase kelayakannya 88,33% kriteria “Sangat Layak”. Tanggapan siswa berdasarkan uji coba kelompok kecil menyebutkan bahwa jumlah skor hasil penilaian yang diperoleh 50 dengan rerata 5 kategori “Sangat Baik” dan jumlah presentase kelayakannya 100% kriteria “Sangat Layak”. Sehingga dapat dinyatakan peserta didik merasa senang mengikuti pembelajaran materi operasi hitung pecahan menggunakan media pembelajaran roda pintar.

Abstract

This research was backgrounded by students at the elementary school level who are faced with phobias so that learning mathematics is difficult and worrying, lack of student learning and limited learning media used in the learning process. Looking at the problems, it is necessary to have additional media that fits the material. The problem formulation in this research is (1) How is the development of smart wheel learning media in mathematics subject on addition and reduction of ordinary shards with denominator is not the same in V class MI? (2) How is the feasibility of smart wheel learning media products in mathematics subject on addition and reduction of ordinary shards with denominator is not the same in V class MI?

The purpose of this research was to the development stages of Smart Wheel in Mathematics Subjects learning media products and knowing the feasibility of Smart Wheel in Mathematics Subjects.This research uses research and development methods ADDIE model, (analysis, design, development, implementation and evaluation). The analysis in this study used qualitative and quantitative analysis. The instruments used in this study are observations, documentation and polls (material experts, media experts, small). Data from observations and documentation are analyzed in a qualitative descriptive, while data obtained from polls is analyzed in a quantitative descriptive.

The results showed that the media smart wheel developed was qualified to be used as a learning medium. Based on material experts ' assessment, an average obtained number of 4.8 of the criteria "very decent" and a percentage of its volume of 96% of the criteria "very decent". A media expert assessment obtained 53 with average 4.4 of the criteria "very decent" and a percentage of its volume of 88.33% of "very decent" criteria. Student responses based on a small group the number of scoring results gained from 150 with average 5 of the criteria "very decent" and a percentage of its volume 100% of "very decent" criteria. So it can be expressed learners feel happy to follow the Learning material addition and subtraction of fractions using smart wheel learning media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Roda Pintar;Pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 27 Jul 2021 07:49
Last Modified: 27 Jul 2021 07:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3303

Actions (login required)

View Item View Item