Perkembangan kemampuan bahasa anak menggunakan permainan kotak pintar melalui media bagan Lepasan pada kelompok a Raudhatul Athfal Darussa’adah Palangka Raya

Mujiati, Mujiati (2020) Perkembangan kemampuan bahasa anak menggunakan permainan kotak pintar melalui media bagan Lepasan pada kelompok a Raudhatul Athfal Darussa’adah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Mujiati - 1501180005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan bahasa anak sangat penting di perhatikan. Raudhatul Athfal merupakan wahana pendidikan prasekolah dalam mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini bertolak dari observasi lapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran di Raudhatul Athfal Darussa’adah belum menggunakan metode bermain menggunakan permainan kotak pintar dengan media bagan lepasan. Hal ini berdampak pada perkembangan berbahasa anak dengan pembelajaran yang monoton, karena hanya menggunakan metode bercerita dan buku LKS sebagai media pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan berbahasa anak pada kelompok A menggunakan permainan kotak pintar dengan media bagan lepasan serta hasil penggunaan permainan kotak pintar dengan media bagan lepasan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A di Raudhatul Athfal Darussa’adah jalan Pinus Palangka Raya yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Perkembangan kemampuan bahasa anak pada kelompok A, anak mampu melakukan dua perintah sederhana, mampu menjawab pertanyaan sederhana, mampu menuliskan nama dirinya, mampu menyebutkan gambar-gambar yang diperlihatkan, beberapa kata sederhana mulai dapat ditunjukkan melalui merangkai kartu-kartu huruf, mampu menyebutkan huruf awal melalui permainan. 2. Penggunaan permainan kotak pintar dengan media bagan lepasan, memberikan pengalaman baru untuk anak, melatih ketangkasan, pengetahuan, kesabaran, bersosial dan keterampilan. Guru menjadi sangat mudah memberikan stimulus pada anak. 3. Hasil penggunaan permainan kotak pintar dengan media bagan lepasan pada kelompok A yang berjumlah 16 anak dinyatakan berhasil, 6 anak mulai berkembang dan 10 anak berkembang sesuai harapan dalam jangka waktu 8 minggu.

ABSTRACT

The research was based on field observation that showed the learning at Raudhatul Athfal Darussa’adah had not applied playing method using a smart box game through removable chart media. This affected the development of children’s language with monotonous learning, because it only used telling-a-story method and an exercise book (LKS) as the learning media.

This research aims to determine the development of children's language skills in group A using smart box game with removable media chart and the result of using smart box game with removable media chart.

The aim of the research was to improve children’s language ability using a smart box game through removable chart media. The research used descriptive qualitative method. The subjects of the research were the children of group A at Raudhatul Athfal Darussa’adah Pinus Street Palangka Raya numbering 16 children. The data collection techniques were observation, interview, and documentation.

The results of this study showed that: 1. The development of children's language skills in group A, the child is able to do two simple commands, able to answer simple questions, able to write his name, able to mention the pictures shown, some simple words begin to be shown through the arrangement of letters cards, able to mention the initial letters through the game. 2. Use smart box game with removable media chart, provide new experience for kids, train agility, knowledge, patience, societal and skill. Teachers are very easy to provide stimulus to children. 3. The result of using smart box game with media Chart of removable in group A of 16 children was declared successful, 6 children began to grow and 10 children develop as expected within 8 weeks time period.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bahasa Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:05
Last Modified: 26 Jul 2021 02:05
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item