Penerapan model discovery learning terhadap aktivitas guru dan murid pada materi fluida statis kelas XI semester II man kota Palangkaraya tahun ajaran 2019/2020

Indriyatmoko, Mustofa (2020) Penerapan model discovery learning terhadap aktivitas guru dan murid pada materi fluida statis kelas XI semester II man kota Palangkaraya tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
MUSTOFA INDRIYATMOKO-1321130319.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Model Discovery adalah model yang menekankan pentingnya peran aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar, kemudian menemukan sendiri konsep yang baru baginya melalui kegiatan yang mereka lakukan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui aktivitas guru setelah penerapan model discovery learning dalam materi Fluida Statis kelas XI semester II MAN Kota Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020. (2) Mengetahui aktivitas siswa setelah penerapan model discovery learning dalam materi Fluida Statis kelas XI semester II MAN Kota Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dalam pengumpulan datanya. Waktu penelitian bulan Oktober-November 2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, yang telah divalidasi oleh ahli.

Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA II MAN Kota Palangka Raya (random sampling) dengan sampel sebanyak 26 siswa. Sampel diajarkan materi pokok Fluida statis dengan menerapkan model Discovery Learning.

Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut Aktivitas guru dinyatakan aktif pada RPP I, II dan III dengan presentase total skor (93,06%) pada RPP I, (88,89%) pada RPP II dan (95,14%) pada RPP III. Aktivitas siswa dinyatakan aktif pada RPP I, II dan III dengan presentase total skor (92,01%) pada RPP I, (90,83%) pada RPP II dan (90,46%) pada RPP III.

ABSTRACT

The Discovery Model is a model that emphasizes the importance of the active role of students and teacher activities in teaching and learning, then discovering new concepts for themselves through the activities they do. The main objectives of this study were to (1) Determine the activities of teachers after the application of the discovery learning model in the Class XI Static Fluid material in the second semester of MAN Palangkaraya in the 2019/2020 school year. (2) Determine student activities after the application of discovery learning models in Class XI Static Fluid material in the second semester of MAN Palangkaraya City in the academic year 2019/2020.

This research uses a descriptive approach in gathering data. Research time is October-November 2019. The instruments used were teacher activity observation sheets, student activity observation sheets, cognitive, that had been validated by experts.

The research sample was all students of class XI MIPA II MAN Palangkaraya City (random sampling) with a sample of 26 students. The sample is taught subject matter to static fluid by applying the Discovery Learning model.

The results obtained are as follows Teacher activity was stated to be active in RPP I, II and III with a percentage total score (93.06%) in RPP I, (88.89%) in RPP II and (95.14%) in RPP III. Student activities were declared active in RPP I, II and III with the percentage total score (92.01%) in RPP I, (90.83%) in RPP II and (90.46%) in RPP III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Aktivitas Guru
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:38
Last Modified: 15 Jul 2021 07:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item