Strategi pengenalan nilai entrepreneurship pada anak usia dini di Rumah Belajar dan Bermain Islami ( PAUD RBBI ) Kota Palangka Raya

Widyanti, Irsa (2020) Strategi pengenalan nilai entrepreneurship pada anak usia dini di Rumah Belajar dan Bermain Islami ( PAUD RBBI ) Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Irsa Widyanti -15015009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumah Belajar dan Bermain Islami merupakan Rumah Belajar yang menciptakan suasana belajar yang nyaman selayaknya dirumah dan menjadi keluarga bagi anak sehingga harapannya anak-anak merasa nyaman dan senang mengikuti pembelajaran. PAUD RBBI adalah sekolah usia dini yang memiliki suasana belajar dimana terasa adanya dikenalkannya nilai entrepreneurship dalam sejumlah kegiatan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya mengenalkan nilai entreprenurship pada anak usia dini dan menganalisis strategi mengenalkan nilai entrepreneurship di Rumah Belajar dan Bermain Islami (PAUD RBBI) Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan dua subjek yakni pemilik RBBI dan kepala sekolah yang merangkap sebagai guru, selain itu ada observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenalkan nilai entrepreneurship pada usia dini sangatlah penting mengingat di usia mereka saat ini yang merupakan usia emas untuk dikenalkan nilai dalam hal ini nilai entrepreneurship. Penulis juga menyimpulkan ada tiga strategi yang dominan digunakan dalam mengenalkan nilai entrepreneurship pada usia dini di PAUD RBBI yakni: 1) belajar; 2) bermain; dan 3) keteladanan. Dari strategi tersebut terlihat nilai entrepreneurship yang paling banyak dikenalkan pada anak yaitu tanggung jawab terlihat pada saat guru memberi tugas pada anak untuk membawa bekal dihari besok sesuai tema bekal yang dipesankan guru; disiplin terlihat saat murid melakukan murojaah hafalan surah setiap pagi sebelum mengawali kegiatan, mandiri terlihat saat anak bermain berjalan di papan titian, dan kepemimpinan yang terlihat saat ada tugas bermain pompom secara berkelompok. Upaya penanaman nilai-nilai tersebut dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan strategi yang sesuai dengan karakteristik usia dini.

Abstract

Rumah Belajar dan Bermain Islami (PAUD RBBI) is a Learning house that creates a comfortable learning atmosphere like at home and becomes a family for children so that the children hope to feel comfortable and happy to learn, PAUD RBBI is a school which also have an atmosphere like teachers try to introduce values of entrepreneurship in students activities. The purpose of this studyis to know about how important introducing of entrepreneurship’s values to Early-Age’s and to analyse the strategies for introducing the values of entrepreneurship in Rumah Belajar dan Bermain Islami (PAUD RBBI) of Palangka Raya.

This research uses qualitative research with descriptive research methods. Data collection techniques use in-depth interviews with caregivers and managers of PAUD RBBI, observation of the entrepreneurship value learning strategies and documentation as a complement to the data. Analysis of data is done by reducing and displaying data, and drawing conclusions.

The results show that introducing the values of entrepreneurship to Early-Age is very important in case they are in their golden age’s time to introduce some good values like entrepreneurship’s values. There are three dominant strategies commonly used in introducing the concept of entrepreneurship to students, namely: 1) learning, 2) playing, and 3) exemplary. From a number of learning activities, playing and exemplary forms taught at PAUD Islamic Learning and Play House, entrepreneurship values are obtained from children, namely responsibility, it found when teachers give an assignment for the student to bring lunch box based on theme; discipline is when they have murojaah time every morning before they start to learn and play. Independence, and leadership is when the student play pompom in groups. Efforts to instill values are carried out through various activities and strategies that are appropriate to the ch

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Nilai; Entrepreneurship; Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:59
Last Modified: 03 Aug 2021 12:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3226

Actions (login required)

View Item View Item