Ismurochah, Ismurochah (2020) Strategi pelaksanaan pendidikan karakter islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Ismurochah - 18013213.pdf Download (5MB) |
Abstract
Berbagai penelitian yang terkait anak usia dini menunjukkan bahwa penyiapan sumber daya manusia berkualitas harus diawali sejak usia dini bahkan sejak konsepsi dalam kandungan. Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter islami pada anak usia dini merupakan salah satu strategi dalam pembentukan karakter yang diharapkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Mengapa pendidikan karakter Islami dilaksanakan di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya ? 2) Bagaimana program pendidikan karakter Islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya ? 3) Bagaimana strategi implementasi program pendidikan karakter Islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengemukakan, mendeskripsikan dan menganalisis pendidikan karakter, program dan strategi implementasi program pelaksanaan pendidikan karakter Islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah (sebagai key informan), guru kelas dan wali siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data penelitian melalui langkah-langkah: 1) mengumpulkan data 2) mereduksi data 3) pemaparan data dan 4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada tiga alasan mengapa pendidikan karakter dilaksanakan di Aisyiyah Bustanul Athfal II yaitu pertama, muatan pembelajaran di Aisyiyah Bustanul Athfal II terkait dengan pendidikan karakter, kedua adanya keterkaitan program-program sekolah dalam pendidikan karakter, dan ketiga cita-cita Aisyiyah Bustanul Athfal II untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan karakter Islami, bersikap sopan santun dan mandiri. (2) Program pendidikan karakter Islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama adalah faktor lingkungan sekolah dan kedua lingkungan keluarga. Pada lingkungan sekolah, pendidikan karakter berhasil jika mendapat dukungan dari wali murid dengan membiasakan serta memberikan keteladanan terkait pembiasaan yang dilakukan di sekolah. Dan sebaliknya, jika tidak adanya kerjasama serta dukungan dari wali murid maka pembentukan karakter itu mustahil bisa diwujudkan. (3) Strategi implementasi program pendidikan karakter Islami di Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi melalui pembiasaan, kegiatan terprogram dan keteladanan.
Abstract
Various studies related to early childhood show that the preparation of quality human resources must begin at an early age even from conception in the womb. The application of Islamic character education values in early childhood is one of the strategies in forming the expected character.
The research problems were: 1) why the Islamic character education enforceable at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya? 2) How is the program Islamic character education at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya? 3) How is implementation of Islamic character education at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya? This study purpose to giving information, describe and analysis Islamic character education, program and strategy implementation enforceable Islamic character education at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya.
The research used was descriptive research. The subjects of this study were the principal (as key informant), classroom teacher, parents. The data collecting technique were through observation, interview and documentation. The steps of the data analysis of the research were: 1) data collection, 2) data reduction, 3) data display and 4) conclusion drawing.
The results of the research were: 1) Three reasons why Islamic character education were enforceable at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya. First, learning content at Aisyiyah Bustanul Athfal II was related to. Second, there was an interrelation of school program and third the ambition of Aisyiyah Bustanul Athfal II to help students develop Islamic education character, be polite and independent. 2) The program of Islamic character education at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka raya were influenced by several factors. First was the school environment and second was the family environment. In the school environment, Islamic character education was successful if it has the support they parents and implementation related to habituation. And conversely, if there was no collaboration and support from the parents, Islamic character education was impossible to be realized. 3) The strategy of program implementation Islamic character education at Aisyiyah Bustanul Athfal II Palangka Raya were carried out with the stages of planning, implementation and evaluation through habitations, programmed activities and exemplary.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Karakter Islami;Strategi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 23:29 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 23:31 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3202 |
Actions (login required)
View Item |