Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SDN-1 Tanjung Pusaka Kabupaten Pulang Pisau

Ansari, Ansari (2020) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SDN-1 Tanjung Pusaka Kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ansari- 1501112033.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak pada sebuah keterampilan dalam mengelola pembelajaran, guru harus mampu memanfaatkan serta menggunakan strategi pembelajaran sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar. Kondisi kelas yang baik tentu menjadi suatu harapan yang ingin dicapai oleh guru ataupun siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Keterampilan mengelola pembelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di SDN-1 Tanjung Pusaka, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di SDN-1 Tanjung Pusaka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah seorang guru PAI di SDN-1 Tanjung Pusaka, yang mengajar mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Penelitian ini menunjukan bahwa 1.keterampilan yang dimiliki guru dalam mengelola kelas menggunanakan strategi pembelajaran kelas rangkap, yaitu dengan melakukan penggabungan siswa yang berbeda tingkat kelasnya.2. faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran adalah faktor grografis,demografis, kurangnya guru/ kurangnya ruang kelas jumlah penduduk yang berada di desa Tanjung Pusaka relatif sedikit, karena dengan sedikitnya jumlah penduduk yang mempengaruhi jumlah siswa, kemudian faktor selanjutnya yaitu kurangnya sarana prasarana yang memadai seperti gedung sekolah, buku-buku penunjang sehingga guru hanya memanfaatkan fasilitas yang ada.

Abstract

This research is based on a skill in managing learning, teachers must be able to utilize and use learning strategies according to the circumstances of the surrounding environment. Good classroom conditions certainly become a hope to be achieved by the teacher or student.

This study aims to describe: 1) the skills to manage the learning of religious education and character in Tanjung Pusaka SDN-1, 2) Factors that influence the learning process at SD Puskesmas Tanjung Pusaka. This study uses qualitative research methods by collecting data using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The subject of this study was a PAI teacher at SD Tanjung Pusaka, who taught Islamic education.

This research shows that 1. the skills possessed by teachers in managing classes using multigrade learning strategies, namely by combining students with different grade levels. 2.the factors that influence the learning process are demographic factors, geography, lack teachers/ classrooms, the number of residents in the village of Tanjung Pusaka is relatively small, because with the small number of inhabitants affecting the number of students, then the next factor is the lack of adequate infrastructure such as school buildings, supporting books so that teachers only utilize existing facilities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran; Guru;Keterampilan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Jul 2021 00:22
Last Modified: 08 Jul 2021 00:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item