Persepsi konsumen terhadap standarisasi halal masyarakat muslim di Palangka Raya

Fathan, Muhammad Nur (2020) Persepsi konsumen terhadap standarisasi halal masyarakat muslim di Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi M. Nur Fathan - 1644120581.pdf

Download (1MB)

Abstract

Budaya masyarakat muslim di Palangka Raya memiliki persepsi tersendiri untuk mempermudah dalam menentukan standar makanan halal. Penelitian ini difokuskan pada Persepsi konsumen terhadap standarisasi halal masyarakat muslim di palangka raya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi halal konsumen pada masyarakat Muslim di Palangka Raya dan untuk perilaku konsumen masyarakat Muslim di Palangka Raya dalam menentukan standarisasi halal.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah sembilan orang pelanggan, tiga orang pelanggan dari tiga tempat rumah makan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang ada.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi konsumen terhadap standarisasi halal masyarakat muslim di palangka raya adalah : (1) Persepsi Halal konsumen paada Masyarakat Muslim di Palangka Raya dapat dikatakan sesuai dengan pengertian konsep halal dan syarat-syarat makanan halal yang sudah ditetapkan oleh syariat Islam serta diperkuat dengan ijtihad para Ulama Islam dalam mengkatagorikan makanan halal yaitu seperti zat, pengolahan dan sumbernya. (2) Perilaku konsumen masyarakat Muslim di Palangka Raya dalam menentukan standarisasi halal adalah dengan melihat gambar-gambar ulama Islam, tulisan Arab ataupun ornamen-ornamen Islam yang merupakan budaya dan sub budaya serta sudah sesuai dengan prinsip nilai keimanan dalam perilaku konsumen islam.

ABSTRACT

The culture of the Muslim community in Palangka Raya has its own perception to make it easier to determine halal food standards. This research is focused on consumer perceptions of the halal standardization of Muslim communities in Palangka Raya. The purpose of this study is to determine the perception of halal consumers in Muslim communities in Palangka Raya and for consumer behavior of Muslim communities in Palangka Raya in determining halal standardization.

This research is a field research that uses ethnographic qualitative research methods. The sampling technique uses purposive sampling technique. The subjects in this study were nine customers, three customers from three restaurants. Data collection techniques in this study were observation, interview and documentation techniques. The data validation technique uses source triangulation by collecting similar data and information from various existing sources.

The results showed that the consumers' perceptions of the halal standardization of the Muslim community in Palangka Raya were: (1) Halal perceptions of consumers in Muslim communities in Palangka Raya can be said to be in accordance with the understanding of the concept of halal and the terms of halal food that have been established by Islamic law and ijtihad of Islamic scholars in categorizing halal food, namely such as substances, processing and sources. (2) The consumer behavior of the Muslim community in Palangka Raya in determining halal standardization is by looking at pictures of Islamic scholars, Arabic writing or Islamic ornaments which are culture and sub-culture and are in accordance with the principles of the value of faith in Islamic consumer behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen;
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:41
Last Modified: 07 Jul 2021 04:41
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item