Pengenalan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung (calistung) tahap dasar di Ra. Al Hunafa Palangka Raya

Jumiati, Siti (2020) Pengenalan pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung (calistung) tahap dasar di Ra. Al Hunafa Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Jumiati - 1601180016.pdf

Download (843kB)

Abstract

Membaca, menulis, dan berhitung merupakan komponen penting yang harus dikuasai anak . Akan tetapi, dalam proses pembelajarannya harus berdasarkan prinsip pembelajaran PAUD yaitu bermain sambil belajar. Oleh karena itu, dalam pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung tidak dapat diberikan secara langsung. Berdasarkan hal tersebut, maka pembelajarannya memiliki beberapa tahapan yang harus dilalui anak dan di terapkan dengan menggunakan metode yang tepat dan didukung dengan media yang sesuai dengan dengan pembelajaran anak. Oleh karena itu, guru dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak, dapat menarik minat, dan tidak monoton.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana tahapan pembelajaran calistung tahap dasar di RA. Hunafa Palangka Raya 2) Bagaimana metode pembelajaran calistung tahap dasar di RA. Hunafa Palangka Raya. 3) Apa saja media pembelajaran calistung tahap dasar di RA. Hunafa Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang berjenis kualitatif deskriptif dengan cara menganalisis data yang dikumpulkan di Kelompok B RA. Al Hunafa. Teknik pengumpulan data yang observasi, wawancara (Guru dan Kepala Sekolah) dan dokumentasi (RPPM/RPPH, lembar kerja anak, foto-foto kegiatan).

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang dilakukan di RA. Al Hunafa bahwa (1) Tahapan pembelajaran membaca, menulis dan berhitung yang ada di RA. Al Hunafa di berlakukan sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Tiga tahapan yang harus dilalui anak meliputi : tahapan membaca, menulis dan berhitung. (2) RA. Al Hunafa memiliki beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung tahap dasar pada anak usia dini. Metode yang digunakan harus sesuai dengan perkembangan dan usia anak. Metode membaca, menulis dan berhitung harus dilakukan dengan cara guru mengawasi dan mengarahkan anak pada pembelajaran yang tidak monoton dan membuat anak tidak merasa tertekan. (3) RA. Al Hunafa menggunakan media dalam menyampaikan pembelajaran kepada anak. Banyak media yang tersedia di RA.Al Hunafa dan media tersebut digunakan sebagaimana mestinya. Penggunaan media bukan hanya berguna bagi anak, tetapi juga menjadi alat bantu guru dalam menyampaikan pembelajaran.

ABSTRACT

Many of the PAUD institutions apply reading, writing and arithmetic learning to early childhood. However, it does not apply learning that is tailored to the abilities and ages of the children. Learning to read, write and count the basic stages of appropriate early childhood education is to refer to the principles of PAUD learning. Especially the principle of playing while learning. The learning given must also be in accordance with the development and age of early childhood and the task of PAUD institutions is actually only to introduce the concepts of letters and numbers to children. Therefore, teachers are required to be able to provide learning in accordance with children's abilities, can attract interest, and not be monotonous.

The formulation of the problem in this study is as follows: 1) What are the basic stages of learning Calistung in RA. Hunafa Palangka Raya 2) How is the basic stage of the Calistung learning method in RA. Hunafa Palangka Raya. 3) What are the basic calistung learning media in RA. Hunafa Palangka Raya.

This study uses a descriptive qualitative research method by analyzing the data collected in Group B RA. Al Hunafa. Data collection techniques are observation, interviews (teachers and school principals) and documentation (RPPM / RPPH, children's worksheets, photos of activities).

The results showed that learning was carried out in RA. Al Hunafa that (1) The stages of learning to read, write and count in RA. Al Hunafa is implemented according to the development and age of the child. The three stages that children must go through include: the stages of reading, writing and counting. (2) RA. Al Hunafa has several methods used in the basic stages of learning to read, write and count in early childhood. The method used must be appropriate for the development and age of the child. The method of reading, writing and counting must be done in a way that the teacher supervises and directs the child to learning that is not monotonous and makes the child feel less depressed. (3) RA. Al Hunafa uses media in conveying learning to children. Many media are available in RA.Al Hunafa and these media are used accordingly. The use of media is not only useful for children, but also becomes a tool for teachers in delivering learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Jul 2021 03:30
Last Modified: 06 Dec 2021 03:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item