Laksono, Hadi (2020) Model keteladanan wali kelas dalam pembinaan karakter siswa perspektif gender di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotawaringin Barat. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Bagian Depan.pdf Download (699kB) |
|
Text
Isi Tesis Hadi Laksono - 18016102.pdf Download (1MB) |
Abstract
Persoalan moral anak bangsa ini adalah salah satu problem yang senantiasa muncul ditengah–tengah masyarakat. Problem tersebut merupakan suatu hal yang sangat urgent, selalu menarik dan aktual untuk diperbincangkan. Upaya guru dalam mendidik peserta didik yang berkarakter tidak terlepas dari kepribadian yang dimiliki oleh guru, Peneliti melihat keadaan wali kelas yang dapat menjadi model.keteladanan dalam pembinaan karakter siswa.
Rumusan masalah penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana pembinaan karakter siswa perspektif gender di MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat; 2)Bagaimana model keteladanan wali kelas perspektif gender di MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengemukakan, mendiskripsikan dan menganalisis model keteladanan wali kelas dalam pembinaan karakter siswa perspektif gender di MTs Negeri Kotawaringin Barat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data penelitian ini adalah lima orang wali kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui langkah-langkah: 1) mengumpulkan data 2) mereduksi data 3) pemaparan data dan 4) penarikan kesimpulan.
Hasil temuan penelitian ini sebagai berikut; Pembinaan Karakter Siswa Perspektif Gender di MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat; Karakter religius menggunaan pembinaan; pembiasaan mengucap salam, sholat berjamaah. kegiatan keagamaan, Karakter disiplin menggunakan pembinaan; pemberian sangsi, taat aturan di madrasah. Karakter peduli lingkungan meggunakan pembinaan; menjaga lingkungan, buang sampah pada tempatnya, gotong royong, slogan-slogan pengingat tentang peduli lingkungan. Karakter tanggung jawab menggunakan pembinaan; pengurus kelas, pengurus osis, tugas pengurus kelas.Karakter demokratis menggunakan pembinaan; musyawarah, komunikasi, menghargai. Karakter mandiri menggunakan pembinaan; piket kelas, tugas dari wali kelas. Sedangkan pada Model Keteladanan) Live model, wali kelas dalam model keteladanan live model ini digunakan dalam pembinaan karakter relegius, karakter peduli lingkungan, karakter tanggung jawab, karakter demokratis dan karakter mandiri b). Simbolik model, model keteladanan ini dipergunakan dalam pembinaan karakter antara lain karakter relegius, karakter tanggung jawab, karakter demokratis dan karakter mandiri. C). Verbal Description Model, Sedangkan dalam model keteladanan yang ini dignakan untuk karakter relegius, karakter peduli lingkungan, karakter tanggung jawab, karakter demokratis.
Abstract
The moral issue of this nation is one of the problems that always arises in the midst of society. The problem is very urgent, always interesting and actual to discuss. The teacher's efforts in educating students of character are inseparable from the personality possessed by the teacher, Researchers see the state of the class that can be an exemplary model in the character coaching of students.
The formulation of this research problem to describe: 1) How to foster the character of gender perspective students in MTs Negeri 1 Kotawaringin Barat; 2) How to model the exemplary parenting of gender perspective in MTs State 1 West Kotawaringin. The purpose of this research is to present, script and analyze the model of exemplary parents in the character coaching of gender perspective students in MTs Of West Kotawaringin State.
This research is a type of descriptive qualitative research, the data source of this study is five parents. Data collection techniques through observation, interview and documentation. Analyze this research data through steps: 1) collect data 2) reduce data 3) data exposure and 4) draw conclusions.
The findings of this study are as follows; Character Building of Gender Perspective Students in MTs Negeri 1 West Kotawaringin; Religious characters use coaching; the habituation of saying greetings, praying congregations. religious activities, Disciplined character using coaching; sanctioning, obeying the rules in madrassas. Environmentally caring characters use coaching; keep the environment, dump garbage in its place, gotong royong, slogans reminder about caring environment. Character responsibility using coaching; class manager, student administrator, class administrator assignment. Democratic characters use coaching; deliberation, communication, respect. Self-contained characters use coaching; picket, the assignment of the class. As for the Model Of Exemplary) Live model, the guardian in the model of example live model is used in the coaching of relegius characters, environmentally caring characters, characters of responsibility, democratic characters and independent characters b). Symbolic model, this model of exemplary is used in character coaching including relegius character, character responsibility, democratic character and independent character. C). Verbal Description Model, Whereas in the model of exemplary that is dignakan for relegius character, character cares about the environment, character responsibility, democratic character.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Karakter |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:17 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:17 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3138 |
Actions (login required)
View Item |