Manajemen program parenting dalam menjalin kerjasama sekolah dan orang tua di Sd Islam Terpadu Sahabat Alam Palangka Raya

Romlah, Siti (2020) Manajemen program parenting dalam menjalin kerjasama sekolah dan orang tua di Sd Islam Terpadu Sahabat Alam Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Bagian Depan Tesis.pdf

Download (648kB)
[img] Text
Isi Tesis Siti Romlah - 19013260.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program parenting yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di SD Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anaknya di sekolah adalah hal yang dibutuhkan untuk mendukung dan mendorong pembelajaran dan perkembangan anak. Program parenting merupakan langkah yang dilakukan sekolah untuk melibatkan orang tua dalam pendidikan. Program ini memahami bahwa tanggung jawab pengasuhan terbesar berada pada orang tua di rumah, sekolah hanyalah salah satu sarana pengasuhan, maka sekolah harus memfasilitasi agar orang tua kembali memahami makna pengasuhan yang baik.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen program parenting yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam rangka menjalin kerjasama sekolah dengan orangtua di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. (2) Bagaimana jalinan kerjasama antara sekolah dengan orangtua dalam progam parenting di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru (wali kelas) dan orang tua/wali murid dan dokumentasi. Analisis dan interpretasi data, Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data, meliputi triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan, sekolah membuat program kerja tahunan sebagai strategi awal dengan melibatkan komite sekolah sebagai perwakilan wali murid. Rapat kerja ini membahas tentang program parenting yang bertujuan agar orang tua wali murid ikut serta dalam proses pendidikan anak. (2) Pengorganisasian, sekolah bekerja sama dengan para wali murid yang tergabung dalam pengurus komite yang bertujuan untuk menjembatani adanya komunikasi antara sekolah dan wali murid. Panitia sendiri diambil dari wali murid untuk yang skala besar, sedangkan untuk yang skala kecil mengambil dari guru wali kelas. (3) Pelaksanaan, program ini dilaksanakan 2-4 kali setiap semester. Tempat pelaksanaan parenting skala kecil dilaksanakan di sekolah dan parenting skala besar di luar sekolah. (4) Proses pengawasan dilaksanakan setiap akhir kegiatan parenting. Hal ini bertujuan untuk mengawasi dan mengevaluasi keseluruhan proses kegiatan dari mulai perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan parenting. (5) Jalinan kerjasama sekolah dan orang tua ditandai dengan keterlibatan orang tua dalam merealisasikan program parenting di rumah untuk mengoptimalkan pengasuhan anak.

ABSTRACT

This study aims to describe parenting programs that involve parents in the students’ education process at SD Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. The involvement of parents in their child’s education at school is required to support and encourage the learning and development of children. Parenting program is a measure undertaken by school to involve parents in education. This program that the biggest responsibility to parenting was parent at home, the school only one of parenting media, so the school must facilitated to make parents re-understand the meaning of good parenting.

Research problems in this research were : (1) How is the parenting program management which cover planning, organizing, implementation and monitoring in order to establish cooperation between school and parents at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. (2) How is the cooperation between school and parent in parenting program at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya .

This research can be categorized as descriptive research with qualitative approach, the data collection technique used observation method, deep interview on research subject like principal, teacher and parents of students and documentation. The data analysis and interpretation used Miles and Huberman model, they were reduction, display and data verification. While to test the data validity, cover source triangulation and method/technique triangulation.

The result of this research shown that : (1) Planning, the school made annual work program as early strategy and involved school committee as representation from parents of students. This work meeting discussed about parenting program that purposed for parents involve in child education process. (2) Organizing, the school cooperate with parents which incorporated with school committee that purposed to bridge communication between school and parents. (3) Implementation, this program implemented 2-4 times in each semester. The place for small scale parenting implemented at school and big scale parenting in the outside school. (4) Monitoring process implemented in each of parenting activity. This thing purposed for monitoring and evaluating whole activity process starting from planning until implementation of parenting activity. (5) The cooperation between school and parents marked with the involve from the parents in realization parenting program at home to optimize child parenting.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Program parenting; Manajemen
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:14
Last Modified: 23 Jun 2021 03:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item